Bupati HSS Satu-satunya Kepala Daerah Di Kalimantan Yang Masuk IGA Kemendagri

oleh -54 views
Bupati Achmad Fikry bersama Kepala Pusat Litbang Kemendagri (kemeja putih), saat mempresentasikan inovasi daerah Pemkab HSS di aula Command Center Kemendagri, Jakarta, Rabu (25/9).

JAKARTA, koranbanjar.net – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry menjadi satu-satunya kepala daerah di Kalimantan yang berhasil masuk dalam nominasi Innovative Government Award (IGA) 2019 dari Kemendagri.

Atas capaian itu, Bupati Fikry didaulat mempresentasikan inovasi daerah yang telah dilaksanakan Pemkab HSS, di aula Command Center Kemendagri, Jakarta, Rabu (25/9/2019) kemarin.

Pemkab HSS mendaftarkan 62 inovasinya ke Kemendagri. Tidak sembarang bupati maupun wali kota yg berkesempatan mempresentasikan inovasi daerahnya dalam ajang tersebut. Melainkan hanya kepala daerah yang inovasi di daerahnya berhasil masuk nominasi 10 besar IGA 2019 saja yang bisa mendapat kesempatan itu.

“Dengan inovasi, Kabupaten HSS berhasil menurunkan angka kemiskinan dan berhasil meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” ujar Fikry dalam presentasinya di hadapan Kepala Pusat Litbang Kemendagri dan dewan juri yang terdiri Hadi Supratikta, M Helmi Abidin (UCLG ASPAC), Elly (LAN), Siti Aminah, M Amin (Ristek Dikti), Setiowiji (LIPI).

Fikry mengungkapkan, setiap SKPD didorong harus memiliki inovasi, dan inovasi tersebut harus bermuara pada kesejahteraan masyarakat.

Penilaian inovasi pemerintah daerah dari Kemendagri itu dilaksanakan sesuai amanah Pasal 388 Ayat 9 Undang-Undang Tahun 2014, tentang Pemerintah Daerah. Penilaian menggunakan mekanisme pengukuran indeks inovasi daerah.

Penilaian tersebut dikemas dalam bentuk pemberian penghargaan Innovative Government Award (IGA).

Dalam presentasinya, Bupati HSS didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten HSS, Muhammad Noor dan Kepala SKPD terkait. (yat/dny)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan