BUMP Berbasis Korporasi Memperkuat Kerjasama dan Sinergi antar Petani Kawasan Food Estate

oleh -211 views

Program Food Estate Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau, Kalimantan Tengah adalah untuk menjamin kedaulatan dan ketahanan pangan nasional. Diantaranya, dengan memperkuat kerjasama dan sinergi antar petani di kawasan Food Estate di Kalimantan Tengah.

PULANG PISAU,koranbanjar.net – Hal ini diharapkan dapat dicapai dengan meningkatkan luas tanam dan produksi komoditas utama (padi) yang dikembangkan, meningkatnya nilai tambah komoditas pendukung (Hortikultura, Perkebunan, Peternakan dan Perikanan).

Rumah di jual di Martapura

Jasa Interior di Kalimantan Selatan

Kemudian, terbentuknya Badan Usaha Milik Petani (BUMP) dalam pengembangan komoditas pertanian, dan memperkuat kerjasama dan sinergi antar petani dengan stakeholders terkait.

Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang – BPPSDMP kembali menyatakan dukungannya membentuk Korporasi Petani di kawasan Food Estate Kabupaten Pulang Pisau.

BBPP Binuang sebagai perpanjangan tangan BPPSDMP Kementerian Pertanian kembali menyelenggarakan pelatihan di kawasan Food Estate di Kecamatan Pandih Batu, yang dikenal sebagai pusatnya Food Estate untuk Kabupaten Pulang Pisau.

Kali ini, BPPSDMP menyelenggarakan Pelatihan Tematik Angkatan ke XLVII, yaitu Rencana Kegiatan Desa. Pelatihan ini dilaksanakan khusus untuk ketua kelompok tani di desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu.

Pelatihan bertujuan untuk membentuk pengurus baru Gapoktan Desa Belanti Siam dan menyusun Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga (AD-ART) serta membekali pengurus baru untuk tata kelola gapoktan dan mengarahkannya menuju Badan Usaha Milik Petani (BUMP) berbasis Korporasi Petani.

Kegiatan pelatihan dilaksanakan selama 3 hari di wilayah kerja BPP Pangkoh tanggal 28 hingga 30 November 2020, bertempat di Balai Desa Belanti Siam.

Pembukaan pelatihan dihadiri oleh Dinas Pertanian Pulang Pisau yang diwakili Dedy SPKP dan Kepala Desa Belanti Siam Amin Arifin.

Turut dihadiri Kepala BPP Pangkoh Ibu Harijanti, Widyaiswara BBPP Binuang Tota Totor Naibaho SP MP dan para penyuluh pertanian, Sabtu (28/11/2020).

Dalam sambutannya Kepala BPP Pangkoh, Harijanti mengimbau agar peserta pelatihan dapat mengikuti dan memanfaat pelatihan ini dengan baik.

“Pelatihan ini beragendakan regerasi pengurus Gapoktan ‘Mandiri Bersama’ dan dilangsung dibekali dengan penyusunan AD ART dan tata kelola administrasi kelompok,” terang Harijanti.

Pada kesempatan yang sama Widyaiswara Tota Totor Naibaho SP MP menyampaikan, pelatihan ini akan memfasilitasi pembentukan kepengurusan pengurus Gapoktan yang baru.

Untuk memaksimalkan dukungan rencana pembentukan BUMP di Cluster Pandih Batu, Pulang Pisau.

“Kita berharap peserta antusias dan semangat membangun korporasi di Belanti Siam, Cluster Pandih Batu,” ungkap Tota.

BBPP Binuang berharap para peserta yang semuanya adalah ketua-ketua kelompok tani (Poktan) dapat memajukan kelembagaan ekonomi petani.

Menyusun rencana usaha sehingga tersusun alur proses bisnis dalam model BUMP dan sebagai output pelatihan ini adalah terbentuknya susunan organisasi pengurus Gapoktan yang baru lengkap dengan AD-ART Gapoktan.

Sementara, Kades Belanti Siam menyatakan dukungan penuh terhadap program pemerintah dan Kementerian Pertanian untuk membentuk BUMP di daerahnya dan segera meremajakan pengurus Gapoktan lama yang selama ini tidak jalan maksimal.

Materi yang diajarkan para narasumber, praktisi, fasilitator dan widyaiswara adalah Kebijakan Korporasi Petani, Menyusun Rencana Usaha/ Business Plan.

Membangun Pengorganisasian Kelompok Tani, Mengembangkan Aturan Kelompok dan Tugas Pengurus,  Administrasi Kelompok Tani/Gapoktan, dan Pembentukan dan Pengembangan BUMP. (Tota/bbppbinuang/dya)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *