oleh

Bucin, Halu, Gabut dan Istilah Lainnya yang Jadi Kata Trending Sepanjang 2019

KORANBANJAR.NET – Sepanjang tahun 2019, banyak kata atau istilah yang kerap digunakan para remaja hingga usia dewasa. Saking seringnya, kata-kata itu sampai masuk dalam deretan trending di Google.

Sejumlah kata itu tentu saja mempunyai arti masing-masing. Berikut sederet kata atau istilah yang jadi trending di tahun 2019 dengan keyword ‘Apa Itu’, yang dirangkum koranbanjar.net di Google Trends.

Bucin

Bucin adalah singkatan dari budak cinta. Istilah bucin digunakan untuk mengungkapkan seorang pria atau wanita yang tergila-gila dengan seseorang atau pasangan yang dicintainya. Karenanya, kata bucin kerap dijadikan ungkapan untuk mengejek seseorang yang mau melakukan apapun demi orang yang dicintainya.

Sebutan bucin pertama kali dipopulerkan oleh youtuber Andovi Da Lpoez dan Jovial Da Lopez. Keduanya merupakan kakak beradik lulusan Universitas Indonesia.

Ferguso

Kata Ferguso saat ini marak digunakan di media sosial. Panggilan ini berasal dari meme telenovela. Nama Ferguso aslinya adalah Pulgoso. Ia adalah seekor anjing di film Marimar.

Jadi, apabila ada seseorang memanggil orang lain dengan kata Ferguso, berarti secara tidak langsung, sama saja ia menyebut orang itu anjing.

Sekarang sudah paham kan? Jadi jangan pakai kata Ferguso lagi untuk meme atau memanggil orang lain meskipun untuk bercanda.

GERD

Banyak orang telah menghadapi atau mengalami GERD. GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease adalah penyakit saluran pencernaan yang terjadi ketika asam lambung naik ke esofagus (refluks).

Jika sudah mengalami GERD, penderita bisa merasakan mual dan muntah.  Asam lambung yang naik juga bisa mengiritasi esofagus dan menimbulkan rasa panas di dada (heartburn) dan leher. Gejala GERD biasanya dipicu dari makanan yang dikonsumsi.

KKN

Kata KKN atau Kuliah Kerja Nyata menjadi trending karena ada sebuah kisah horor berjudul KKN di Desa Penari yang kemudian viral di pertengahan 2019 lalu.

Sejatinya, Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah sebuah kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia.

Pelaksanaan KKN diadakan oleh kampus atau perguruan tinggi masing-masing. Biasanya, KKN dilaksanakan di desa selama satu atau dua bulan, tergantung kampus masing-masing.

Meskipun saat ini tidak semua pihak kampus menerapkan KKN untuk mahasiswanya, namun Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Indonesia mewajibkan setiap perguruan tinggi melaksanakan KKN sebagai kegiatan intrakurikuler yang memadukan tri dharma perguruan tinggi; pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Unicorn

Unicorn adalah perusahaan rintisan milik swasta yang nilai kapitalisasinya lebih dari 1 miliar dolar. Istilah ini dicetuskan oleh Aileen Lee, seorang pemodal usaha, pada 2013 lalu.

Kemudian, arti unicorn menjadi viral usai debat calon presiden dan wakil presiden pada momen pemilihan Presiden Indonesia 2019.

Japri

Japri adalah sinonim dari jalur pribadi atau jaringan pribadi. Jadi, kata japri artinya menghubungi melalui telepon atau mengirim pesan langsung ke orang yang dituju.

Mukbang

Mukbang terdiri dari dua kata yang berasal dari bahasa Korea, yakni muk-ja yang berarti makan, dan bang-song yang berarti siaran. Jadi, mukbang berarti siaran makan.

Mukbang dengan menayangkan diri sendiri di depan kamera saat makan dan kemudian ditonton banyak orang di internet merupakan salah satu tradisi unik di Korea. Trend ini kerap dilakukan para youtuber.

Podcast

Podcast adalah episode program yang tersedia di internet. Podcast biasanya merupakan rekaman asli audio atau video. Dalam perkembangannya saat ini, podcast  bisa juga merupakan rekaman siaran televisi atau program radio, kuliah, sebuah pertunjukan, atau acara lainnya.

Saat ini telah banyak youtuber melakukan podcast saat ingin mewawancarai seseorang.

Santuy

Santuy adalah kata plesetan yang artinya santai. Kata ini sering sekali dipakai anak muda saat ini di berbagai aplikasi obrolan maupun dalam pergaulan sehari-hari.

Halu

Ini dia salah satu istilah trending di tahun 2019 yang kerap membuat orang gagal paham dengan maksudnya. Padahal, isitilah kata halu sendiri tak lain ialah singkatan kata dari halusinasi.

Kata halu merujuk kepada seseorang yang sering berkhayal atau menginginkan sesuatu namun sulit mewujudkannya.

Istilah halu sering kali diucapkan oleh anak muda saat ini. Saking populernya, kata halu dijadilkan judul sebuah lagu oleh penyanyi Febri Putri NC. Lagu Halu bercerita tentang seseorang yang sedang mengharapkan sesuatu yang sulit.

Selain 10 kata di atas, istilah lainnya seperti pansos, mantul, gemay, dan gabut, juga sempat menjadi trending di Google. Berikut penjelasan dan artinya.

Pansos

Pansos adalah istilah gaul yang berarti panjat sosial. Sesuai namanya, kata Pansos digunakan untuk menyebut seseorang yang suka mencari perhatian banyak orang, terutama di media sosial.

Pansos ini erat kaitannya dengan bait. Bait berasal dari bahasa Inggris yang artinya pancing. Bait yang dimaksud di sini adalah postingan-postingan yang bertujuan untuk memancing, entah itu dalam hal positif (untuk bersenang-senang) atau dalam hal negatif.

Istilah pansos tidak hanya ada di Indonesia. Di luar negeri, orang biasanya menyebut kata Pansos dengan istilah attention seeker alias pencari perhatian. Sebagian ada juga yang menyebut dengan istilah social climber.

Mantul

Mantul adalah sinonim dari mantap betul.

Gemay

Istilah gemay tak lain adalah plesetan dari kata gemas. Biasanya diungkapkan untuk menunjukkan hal yang terlihat lucu atau menggemaskan.

Gabut

Pernahkah Anda merasakan keadaan diri seperti tidak jelas dan tidak tahu mau berbuat apa? Nah, situasi itulah yang sering disebut anak muda saat ini dengan istilah gabut.

Kata gabut sering juga digunakan anak muda pada status di Instagram dan berbagai media sosial lainnya untuk menggambarkan situasi tak jelas yang mereka alami saat itu. (dny)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: