Tak Berkategori  

BI Sebagai “Bank-nya Bank” Bukan Cuma Mencetak Uang, tapi Juga Menjaga Ini

BANJARBARU, KORANBANJARNET – Bank Indonesia mengajak jurnalis ekonomi Kalimantan Selatan gathering di Barito Room Fave Hotel Banjarbaru hari ini, Rabu 13 Desember 2018.

Kegiatan ini merupakan sebuah apresiasi dari pihak Bank Indonesia kepada para jurnalis yang telah banyak membantu dalam menyampaikan informasi baik keuangan perbankan, maupun kinerja Bank Indonesia kepada masyarakat luas.

Hal tersebut diungkapkan oleh Deputy Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Selatan, Moch Irwan yang diutarakan dalam sambutan.

“Terima kasih rekan-rekan jurnalis yang selama ini banyak membantu kami (Bank Indonesia Perwakilan Kalsel) dan acara ini semoga bisa terus berlanjut dan membuat hubungan yang baik antara jurnalis dan Bank Indonesia,” ucap Irwan.

Pada kesempatan tersebut, selain Moch Irwan, turut menjadi narasumber, M. Sirath sebagai assesment and advisory perwakilan Bank Indonesia yang menjelaskan secara rinci apa saja yang menjadi tugas dan kewenangan pada Bank Indonesia selaku ‘bank-nya bank’.

“Bank Indonesia sebagai bank sentral bertugas pokok untuk menjaga kestabilan ekonomi dan keuangan Indonesia, tidak hanya mencetak uang saja,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menuturkan tugas dan wewenang Bank Indonesia menjaga stabilitas moneter, sitem keuangan dan simpanan. Bank Indonesia yang merupakan ‘bank-nya bank’ juga bertugas memberikan izin dan mengawasi dalam peredaran uang non-tunai atau uang elektronik.

Terlebih di era milenial seperti sekarang, teknologi semakin maju dan semakin modern, kemudahan bertransaksi juga semakin diperhatikan Bank Indonesia. Dengan banyaknya animo masyarakat bertransaksi non-tunai tersebut, pengawasan juga selalu dilakukan oleh BI agar masyarakat tetap aman dan berusaha agar tidak terlalu membebani.(ren/sir)