oleh

Banyak Jamaah Haji Dehidrasi Di Arab Saudi

BANJARBARU, koranbanjarnet – Suhu di Arab Saudi pada siang hari hingga saat ini masih berada di atas 40 derajat celsius. Sedangkan pada malam hari berkisar antara 28 sampai 30 derajat celsius.

Informasi ini dikabarkan langsung oleh seorang jamaah calon haji kloter 1 embarkasi Banjarmasin yang telah berada di Arab Saudi, Supriyanto Noor, saat dihubungi koranbanjar.net melalui telepon, Minggu (14/7/2019) pukul 13.17 wita.

Akibatnya, kata Supri, banyak jamaah mengalami dehidrasi. “Kami semua dehidrasi. Itu diketahui dari air seni yang selalu berwarna, tapi kita tidak merasa berkeringat karena keringatnya langsung kering di badan,” tuturnya.

Supriyanto Noor (berdiri paling kiri), bersama sejumlah jamaah calon haji Indonesia lainnya sedang berfoto bersama di Madinah, Arab Saudi. (foto: supriyanto noor)

Namun, pria yang saat ini menjabat sebagai Kasubag Pengawasan Pemilu Bawaslu Kalsel itu mengatakan dehidrasi yang dialami tidak sampai berdampak pada akibat lainnya.

“Tidak apa-apa karena kita selalu banyak minum dan menyemprotkan air ke wajah serta menggunakan masker. Itu sesuai anjuran tim kesehatan,” katanya.

Sementara untuk kegiatan jamaah saat ini, Supri menjelaskan selama di Madinah para jamaah menunaikan ibadah salat Arbain berjamaah di Masjid Nabawi.

“Selain itu banyak juga jamaah yang berziarah ke makam Rasulullah, berdoa di Raudah, ziarah ke Baqi, salat di Masjid Quba dan lainnya,” ujarnya.

Untuk ibadah lainnya, dikatakan Supri, dilanjutkan di Mekah pada hari Kamis (18/7/2019).

Bagi para jamaah lainnya, khususnya yang belum berangkat, Supri pribadi mengingatkan agar selalu menjaga kesehatan dan mengkuti segala anjuran dari para petugas haji. (ykw/dny)

Komentar

Berita Terkini