Banjarmasin Bakal Dikembangkan Jadi Kota Metropolitan, Disnakertrans Persiapkan Ini

oleh -322 views
Menara pandan di siring Banjarmasin. (foto: net)

BANJARBARU, koranbanjar.net – Berdasarkan data dari Bappenas, ada sepuluh wilayah di Indonesia yang akan dikembangkan menjadi kota metropolitan. Dari sepuluh wilayah itu salah satunya termasuk Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Sekretaris Disnakertrans Kalsel, Irfan Sayuti. (foto: yuli kusuma/koranbanjar.net)

Menanggap hal itu, Sekertaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kalsel Irfan Sayuti, saat ditemui koranbanjar.net usai pembukaan Kalsel Expo 2019 di Lapangan Murjani Banjarbaru, Jumat (30/8/2019), mengatakan persiapan pengembangan Kota Banjarmasin sebagai kota metropolitan akan dilaksanakan dengan berbagai program. Di antaranya seperti pelatihan dan perluasan kesempatan kerja.

“Kami (Disnakertrans) sangat siap menghadapi era globalisasi. Ada dibuka lowongan kerja untuk 280 orang dari 22 perusahaan,” ujarnya.

Dia mengakui saat ini sumber daya manusia (SDM) yang masih minim yaitu dari sektor jasa, manajemen dan otomotif. “Tapi ini sebenarnya hanya terkendala pendanaan saja, karena anggaran yang ada untuk pelatihan masih belum bisa maksimal,” katanya.

Pengawas Disnakertrans Kalsel Purwoko, menambahkan, persiapan menghadapi pengembangan kota metropolitan memang harus dilaksanakan dari berbagai aspek. “Terutama dari SDM, baik internal maupun eksternal serta peralatan,” ucapnya.

Karenanya, menurut Purwoko, persiapan untuk pengadaan calon pegawai harus sejak dini dipersiapkan.

Sepuluh wilayah metropolitan yang akan dikembangkan yaitu Kota Bandung, Semarang, Surabaya, Jakarta, Medan, Palembang, Makassar, Manado, Denpasar dan Banjarmasin. (ykw/dny)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan