oleh

Banjarbaru Raih Penghargaan LKD Terbaik Nasional

MAKASSAR,KORANBANJAR.NET – Kabar gembira bagi warga Kota Banjarbaru. Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) Kota Banjarbaru terpilih sebagai Juara Harapan I LKD Terbaik Nasional 2019 untuk Wilayah I. Penghargaan ini diumumkan dalam Rakornas Kearsipan dan penganugerahan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Award di Hotel Rinra, Makassar, Sabtu (27/4/2019).

Juara I diraih oleh LKD Kabupaten Sumbawa, juara II LKD Kota Mataram dan juara III LKD Kota Tidore Kepulauan.

Piagam penghargaan diserahkan oleh Kepala ANRI DR. Mustari Irawan dan diterima secara langsung oleh Walikota Banjarbaru H Nadjmi Adhani.

Masuknya Banjarbaru sebagai salah satu LKD Terbaik Nasional tidak terlepas dari inovasi dan program Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah khususnya Depo Arsip Kota Banjarbaru dalam memperbaiki manajemen pengarsipan, termasuk penggunaan aplikasi online, media sosial yang melibatkan masyarakat umum dan merenovasi Mess L sebagai arsip hidup yang menyimpan berbagai cerita sejarah perkembangan kota.

Di samping itu juga peningkatan kapasitas prasarana dan sarana yang mendukung kinerja Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Banjarbaru selama ini.

Walikota Banjarbaru H Nadjmi Adhani menyampaikan rasa syukur atas diterimanya penghargaan ini. “Penghargaan ini adalah penambah semangat kita untuk lebih baik,” ucapnya.

Kepala Bidang Kearsipan Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Banjarbaru Muhammad Nahwani, S.Sos.,M.M. menyatakan, bahwa penghargaan ini akan menjadi pemicu untuk terus berupaya melakukan peningkatan peran kearsipan.

“Misalnya dengan melakukan pembenahan terhadap hal-hal yang belum dan terus melakukan peningkatan peran kearsipan sebagai sumber informasi dan dokumentasi kegiatan Pemerintahan, sehingga nantinya menjadi dokumentasi sumber sejarah dan penelitian di masa yang akan datang,” ujarnya.

Salah satu hal penting akan dilakukan adalah membangun Depo Arsip tahap III yang akan dilengkapi dengan Diorama Perjalanan Sejarah Kota Banjarbaru. (maf/humaspemkobjb)

Komentar

Berita Terkini