Bakal Ada Masjid Unik Terbuat Dari Bambu di Kiram

oleh -143 views
Ilustrasi kawasan Kiram Park di Desa Kiram, Kabupaten Banjar. (foto: donny irwan/koranbanjar.net)

BANJARBARU, koranbanjar.net – Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya Dinas PUPR Kalimantan Selatan Agung, memastikan rencana pembangunan masjid berbahan konstruksi bambu di Kiram Park, Desa Kiram, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, segera terealisasi tahun ini.

Pada perencanaan awal, Pemprov Kalsel menggelontorkan dana Rp 15 miliar untuk pembangunan masjid tersebut. “Saat ini prosesnya tinggal menunggu tahap lelang,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (15/1/2020).

Penggunaan bahan bambu untuk konstruksi masjid, karena pihak Dinas PUPR menilai wilayah Provinsi Kalsel termasuk salah satu daerah penghasil terbesar bambu.

“Tapi tidak menutup kemungkinan dalam pembangunannya nanti akan mendatangkan bahan (bambu) dari daerah lain. Terpenting tidak impor,” katanya.

Mengenai anggaran pembangunannya, menurut Agung nilainya sudah memenuhi standar pembangunan di Kalsel. “Namun akan tetap melalui penghitungan kembali berdasarkan sumber APBD. Nanti akan ada penghitungan tersendiri, kita tidak tahu. Malah, bisa jadi turun lagi,” ungkapnya.

Dia menyatakan, Dinas PUPR Kalsel akan melaksanakan pembangunannya sesuai spesifikasi pengadaan barang dan jasa. Setelah itu, melelang proyeknya sesuai mekanisme yang berlaku.

“Bambu memang sebagai wujud fisiknya, tapi hanya pada kompositnya saja. Karena tidak mungkin jika diletakkan sebagai strukturnya,” jelasnya.

Desain masjid yang sementara ini disebut Masjid Bambu itu, didapat dari sayembara yang telah dilaksanakan Dinas PUPR Kalsel. Desain masjid dipilih melalui tahap seleksi penjurian.

“Tapi untuk pengerjaan belum dilakukan. Sebab, masih menunggu tahapan lelang,” ucapnya. (ykw/dny)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan