oleh

Aparat Keamanan Tanam Pohon Di Balangan

PARINGIN, koranbanjar.net – Aparat keamanan dari kepolisian dan TNI di Kabupaten Balangan, turut melakukan tanam bibit pohon.

Revolusi hijau ini dilaksanakan oleh jajaran Polsek Halong dan Koramil Juai-Halong, beserta pihak Kecamatan Halong pada Selasa (21/1/2020).

Penanaman bibit berlangsung di lingkungan Mapolsek Halong Kabupaten Balangan. Terdiri bibit Angsana, Tanjung, Petai dan Kaliandra.

Peduli penghijauan ini selain program revolusi hijau, juga sesuai program Polri, sebagaimana bertepatan pula peringatan hari lingkungan hidup nasional dan hari sejuta pohon sedunia.

Di tingkat Mabes Polri sampai Mapolsek di seluruh Indonesia untuk bersama-sama dan serentak melakukan penanaman bibit pohon secara nasional.

Tentunya gagasan dari pelaksanaan penanaman pohon untuk mencegah dan antisipasi bencana alam seperti banjir dan tanah longsor.

Bibit tanaman yang dipilih khusus agar bisa memberikan manfaat jangka panjang dan produksi banyak oksigen.

Bagaimana respon Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Balangan? Tenaga Kerja Pengamanan Hutan (TKPH) Dishut Kalsel yang bertugas di KPH Balangan, Riduan Yusuf mengatakan, setiap hari ia dan jajaran KPH Balangan selalu mencari titik-titik lokasi penanaman yang dinilai perlu untuk dilakukan penghijauan. “Diantaranya di kawasan Polsek Halong,” imbuh dia.

Kenapa di samping Mapolsek Halong? Anggota TKPH Balangan ini menjelaskan, di samping kantor Polsek Halong ada lapangan bola yang terlihat gersang di sekitarnya.

Sehingga perlu ditanami tanaman peneduh. “Biar nantinya para penonton dan pemain lebih bersemangat,” ucap dia.

Selesai penanaman dilanjutkan bergerak menuju Desa Balida, untuk membagikan bibit gratis kepada para pengunjung Festival Pasar Budaya.

100 batang bibit Trambesi, Mahoni, Tanjung dan Angsana, langsung ludes dibagikan hanya tempo setengah jam diserbu pengunjung. (dishutkalsel/dya)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: