Kota Banjarbaru

Apa Jadinya Kalau Anak SD Disuruh Belajar Jualan? Lihat Nih yang Mereka Lakukan..

BANJARBARU, koranbanjar.net – Pagi ini ada pemandangan yang tidak biasa di SDN 3 Kemuning, deretan tenda memenuhi halaman sekolah, sajian-sajian makanan tersusun rapi membuat siapapun memandang ingin segera mencicipi. Bukan gratis, para pengunjung harus sedikit merogoh koceknya untuk menikmati bermacam-macam sajian yang disediakan mulai dari Rp1.000,- sampai dengan Rp5.000 saja.

Terlihat beberapa dari murid sibuk menawarkan produknya, bahkan terlihat seorang murid yang kewalahan karena melayani pelanggan yang memenuhi standnya. Di sisi lain, terlihat seorang siswa menikmati sajian yang dijualnya sendiri. Entah karena belum ada pelanggan atau memang rasa lapar tak tertahankan karena melihat begitu banyak makanan dihadapannya.

Pemandangan unik ini terjadi ketika dilaksanakannya kegiatan Market Day yang dilaksanakan oleh para pelajar Sekolah Dasar Negeri 3 Kemuning, Jalan Kartini No. 63 Kemuning Banjarbaru Selatan, Selasa (20/03). Adapun tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah “Aku Ingin Menjadi Pedagang Yang Jujur”.

BACA JUGA  Bukannya Jera, 3 Napi ini malah Bersekongkol Menipu Orang

Kegiatan ini merupakan wujud nyata dari kepedulian peserta didik baik guru maupun siswa untuk ikut bersama-sama mendukung program kerja Pemerintah Kota Banjarbaru demi terwujudnya generasi muda yang berkarakter. Salah satu dari program 5 karakter yang digalang pemerintah kepada para pelajar di Banjarbaru adalah kemampuan berwirausaha. Tujuan kemampuan berwirausaha ini adalah untuk menumbuhkan sikap kemandirian pada diri setiap pelajar.

Saat ditemui wartawan koranbanjar.net, Kepala Sekolah SDN 3 Kemuning, Dalinah Novirianti menjelaskan kegiatan ini merupakan kali pertama diadakan di SDN 3 Kemuning. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari pelajaran yang didapatkan di kelas tentang berjual-beli.

“Dengan kegiatan ini diharapkan mereka tidak hanya mendapatkan teori semata, melainkan praktik dilapangan mereka juga menguasai,” ungkapnya.

BACA JUGA  Juara Bertahan Loktabat Utara kembali Juarai Turnamen Paman Birin

Menumbuhkan minat wirausaha diusia dini dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya seperti kegiatan yang dilaksanakan di sekolah ini. Dalinah mengungkapkan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memupuk atau mendidik peserta didik agar lebih memahami tentang jual beli juga berwirausaha.

“Ketika sudah lulus sekolah ataupun mengenyam pendidikan lebih tinggi diharapkan mereka memiliki jiwa wirausaha yang tinggi sehingga tidak memikirkan untuk menjadi PNS atau pun pegawai swasta selain itu diharapkan mereka bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri dengan memiliki usaha sendiri, sehingga bermanfaat bagi dirinya sendiri maupun orang lain,” tambahnya.

Beliau menjelaskan bahwa kegiatan Market Day ini mengajarkan kepada peserta didik untuk melaksanakan kegiatan transkasi jual beli sesuai dengan kaidah islam.

BACA JUGA  Kalsel Expo Diharapkan Bermanfaat Bagi Ekonomi Kerakyatan

“Artinya menjual dengan jujur dan membeli dengan jujur, karena dalam islam kita tidak boleh mengambil keuntungan lebih dari 30%,” jelasnya.

Yang menarik dari kegiatan ini adalah para penjual diharuskan mematok harga tidak lebih dari 5 ribu rupiah. Hal ini dimaksudkan agar terjangkau oleh pelajar yang ingin membeli.(mj-01/ana/kie)

Menampilkan lebih banyak

Radio STAR FM
The Spirit of Banjarbaru. Hanya di 90.5 FM

Info Bisnis Kalimantan
Berita seputar bisnis dan ekonomi di Kalimantan terkini.

TandaPetik.Com - Media Komunitas
Gabung sekarang juga. Tuliskan ide, opini dan pengalamanmu.

IKLAN BARIS ONLINE MURAH
Hub. 081348024288 | 0821159171296
KORANBANJAR.NET

Baca Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close