Antisipasi ISPA, Dinkes Kalsel Buka Pelayanan Oksigen Gratis

oleh -108 views
Salah satu mobil untuk pelayanan oksigen gratis dari Dinkes Kalsel. (foto: Dinkes Kalsel untuk Koranbanjar.net)

BANJARBARU, koranbanjar.net – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalsel membuka pelayanan oksigen gratis untuk masyarakat yang mengalami Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), karena terdampak kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Pelayanan oksigen gratis di antaranya diadakan di Balai Kesehatan dan Olahraga Masyarakat (BKOM) Landasan Ulin, di pinggir Jalan A Yani Kilometer 21, di Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Banjarbaru, dan di kantor Dinkes Kalsel Banjarmasin. Fasilitas pelayanan dilengkapi dengan kasur, tabung oksigen, obat-obatan serta tenaga medis.

Selain fasilitas tempat, Dinkes Kalsel juga mengadakan tiga unit mobil untuk pelayanan oksigen gratis yang dioperasikan di wilayah Banjarmasin dan Banjarbaru. Ketiga mobil tersebut akan berkeliling rutin mendatangi posko-posko karhutla.

Tempat pelayanan oksigen gratis di Landasan Ulin, Banjarabaru.

Selain BKOM, pelayanan oksigen gratis juga melibatkan pihak Instalasi Farmasi. “Dokter dan perawat dari BKOM untuk tenaga medisnya. Sedangkan obat-obatannya dari Instalasi Farmasi,” imbuhnya.

Menurut Kepala Instalasi Farmasi Rahmadi, pelayanan oksigen gratis dapat membantu pengendara di jalan yang tiba-tiba mengalami sesak nafas karena asap maupun ISPA.

“Pelayanan oksigen gratis ini dilakukan selama masih kemarau dan banyak asap,” katanya.

Kabid P2 Dinkes Kalsel Syahrani menjelaskan, pelayanan kesehatan bagi masyarakat penderita ISPA juga turut dilakukan di beberapa daerah kabupaten dan kota di Kalsel melalui Public Servis Centre (PSC).

“Kalau daerah itu belum dibentuk PSC, maka disiagakan tim kesehatan,” ucapnya. (ykw)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan