Antisipasi ISPA Dengan Perbanyak Antioksidan

oleh -78 views
Antisipasi ISPA Dengan Perbanyak Antioksidan
Pembagian masker untuk mengurangi dampak kabut asap. (Foto: Maulida/koranbanjar.net)

PUGAAN, koranbanjar.net – Menghindari sesak napas dan antisipasi ISPA karena kabut asap, disarankan perbanyak antioksidan.

Hal itu dikemukakan Kepala Puskesmas Pugaan Kabupaten Tabalong dr Jayosno, Sabtu (28/9/2019).

Pernyataan itu menyusul setelah sebelumnya 3 orang siswi MTsN 8 Tabalong masuk IGD Puskesmas, dikarenakan sesak napas dan batuk yang diakibatkan oleh asap pekat dari pembakaran lahan.

Dokter Jayosno mengatakan, siswi yang pingsan murni akibat tercium kabut asap terlalu banyak hingga menyebabkan sesak napas.

“Di hari Rabu lalu ada 3 siswi yang di rujuk ke Puskesmas Pugaan, dan besoknya Kamis ada 4 siswi lagi yang dievakuasi dan diberikan oksigen, menurut informasi kami ternyata tidak ada riwayat penyakit, sebelumnya murni tercium oleh kabut asap tebal yang pekat,” ujarnya.

3,4 tahun tidak pernah ada kasus ISPA yang disebabkan oleh kabut asap. Baru tahun ini terjadi kasus ISPA, sehingga Kepala Puskesmas Pugaan beserta karyawan membagikan 5 ribu masker gratis di jalan umum yakni ke sekolah-sekolah serta kantor desa dan kecamatan.

Tidak hanya anak sekolah yang terkena ISPA, masyarakat pun terkena dampaknya mulai dari balita, bayi maupun orang tua dan lansia, hal ini karena terjadi peningkatan kunjungan masyarakat yang terkena ISPA di Puskesmas Pugaan.

Cara pencegahan dan antisipasi sesak napas atau ISPA akibat kabut asap, maka perbanyak minum air putih, buah dan sayuran yang kaya antioksidan.

“Makan-makanan dengan antioksidan tinggi seperti sayur dan buah berwarna oranye, jeruk, wortel yang banyak antioksidan,” katanya.

Puskesmas Pugaan juga memberikan penyuluhan kepada desa-desa tentang bahayanya ISPA dan memberikan sosialisasi tentang ISPA akibat kabut asap.

“Pencegahan pertama kami sudah memberikan penyuluhan langsung ke desa-desa tentang bahaya ISPA, kedua memberikan sosialisasi terkait ISPA akibat kabut asap dengan lintas sektor, masyarakat dan sekitarnya” jelas dia.

Selain itu puskesmas mengadakan rapat dengan Kapolsek dan Danramil, yang dipimpin Camat Pugaan. Rapat ini mengenai tentang karhutla serta penyampaian tindak pidana siapa dengan sengaja dan lalai terhadap kebakaran lahan. (mj-26/dya)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan