oleh

Akun FB Aditya Dan Jaya Dikloning, Ada Apa?

BANJARBARU, koranbanjar.net – Dalam waktu yang nyaris bersamaan, akun facebook Aditya Mufti Ariffin dan Darmawan Jaya Setiawan dikloning alias ada yang membuat akun palsu (fake account) atas nama kedua tokoh Banjarbaru itu.

Aditya Mufti Ariffin atau akrab disapa Ovie mengumumkan di akunnya Aditya Mufti Ariffin New, Jumat (2/8/2019) pukul 20.39: Maaf kalau ada fb selain akun ini adalah palsu. Saya tidak bertanggung jawab atas apa yang terjadi.. terimakasih.

Diketahuinya kloning akun palsu Ovie ini terungkap ketika ada pengguna fb yang memposting bahwa dia mendapatkan permintaan pertemanan atas nama Aditya Mufti dengan foto profil persis milik bakal calon walikota Banjarbaru ini seperti akun aslinya, memakai peci hitam dan jas hitam.

Ketika Ovie memposting adanya akun palsu, beragam tanggapan pun masuk dalam kolom komentarnya. Ada yang menulis:

Inggih hanyar ada yg add ulun, untung tabaca status sampiyan sebelumnya pak Aditya Mufti Ariffin New. Yang lainnya menulis: Benar ketua. 10 mnt yg lalu inbox saya dan dia mencoba pakai WA juga atas nama ketua.
Ada sebanyak 62 komentar menanggapi pengumuman Ovie bahwa akunnya telah dikloning atau ada yang membuat akun palsu mengatasnamakan dirinya.

Hal yang sama terjadi juga terhadap Darmawan Jaya Setiawan, Wakil Walikota Banjarbaru. Pagi Senin (3/8/2019) tadi, pengguna facebook atas nama Yulian Manan memposting dengan mengtag akun asli Darmawan Jaya Setiawan bahwa dia telah mendapat ajakan pertemanan yang mencurigakan.

Hati-hati, untung malam tadi bisa menahan diri untuk tidak mengconfirm akun cloning ini, sampai akhirnya ada konfirmasi dari pak Darmawan Jaya Setiawan sendiri bahwa akun baru itu bukan milik beliau, wah.. ternyata ada yg berniat jahat pada beliau.

Begitu tulisnya, dilengkapi foto screenshot aku fb palsu yang mengatasnamakan Wakil Walikota Banjarbaru Darmawan Jaya, yang sama persis foto profil maupun foto sampulnya.

Dalam kolom komentar, Darmawan Jaya mengungkapkan keterkejutannya: Astaghfirullah ini ada orang atau pihak lain yang meniru akun fb kami kemungkinan ada niat tidak baik dan mau disalahgunakan agar pian2 sabarataan berhati2 semoga Allah memberikan hidayah kepadanya agar menjadi orang yang baik disayang Allah dan disayang sesama…

Seperti diketahui, sama halnya Aditya Mufti Ariffin yang bakal maju pada Pilwali Banjarbaru 2020, Darmawan Jaya Setiawan juga kemungkinan akan maju kembali bersama pasangannya sekarang Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani. Munculnya akun kloning atau palsu yang mengatasnamakan diri mereka ini dicurigai memiliki motif tidak baik.

Di dunia cyber, aktivitas pemalsuan, cloning, atau pencurian akun ini sudah sering terjadi. Motifnya pun bermacam-macam. Menurut Direktur IT koranbanjar.net Harie Insani Putra, tujuan pelaku biasanya negatif.

“Bisa untuk menipu orang lain, membajak informasi, atau adu domba,” jelasnya.

Lebih jauh dijelaskan, apabila akun asli selama ini digunakan untuk hal yang penting, maka pelaku bisa mendapatkan informasi itu.

“Artinya, informasi bocor ke si pembuat akun baru tersebut,” ujar Harie.

Untuk keamanan media sosial, terlebih bagi kalangan pejabat atau orang penting, Harie menyarankan agar pengguna memahami sistem keamanan akun.

“Ini untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, seperti yang baru saja terjadi terhadap akun Aditya dan Jaya,” cetusnya. (fly)

Komentar

Berita Terkini