Ajarkan Manasik Haji Sejak Dini kepada Anak

oleh -66 views
SEJAK DINI - Hj Ririen melepas peserta manasik haji yang dilakoni anak-anak.

BANJARBARU,KORANBANJAR.NET – Bunda PAUD Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani didampingi Bunda PAUD Kecamatan Banjarbaru Utara Wahi1dah Diani dan Ketua Pusat Kerja Gugus (PKG) Banjarbaru Utara Siti Rusdah menghadiri sekaligus membuka Acara Manasik Haji Pusat Kerja Gugus (PKG) Banjarbaru Utara. Bertempat di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Banjarbaru, Rabu (20/3/2019) tadi.

Bunda PAUD Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani mengatakan, anak-anak adalah salah satu aset dari sebuah bangsa, karena mereka penerus perjuangan generasi terdahulu dalam mewujudkan cita-cita bangsa.

“Anak bangsa menjadi harapan dalam setiap kemajuan suatu bangsa, anak bangsa lah yang akan merubah pandangan dunia terhadap suatu bangsa dan menjadi andalan generasi terdahulu untuk mengembangkan pembangunan nasional yang berdasarkan kepada nilai-nilai dan norma berlaku dalam masyarakat,” ucapnya.

Anak usia dini dengan segala keunikannya adalah usia emas. Anak sangat mudah menyerap informasi dan peka terhadap lingkungan sekitarnya.

“Karena itu sangat perlu ditekankan pengembangan sikap dan prilaku berkarakter agar memiliki dasar pendidikan kuat untuk masa perkembanganya dan menapaki jenjang pendidikan selanjutnya,” ujarnya.

Sesuai dengan Visi Misi Kota Banjarbaru yaitu untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkarakter, terdidik, sehat, mempunyai etos kerja tinggi dan berakhlak mulia berdasarkan nilai-nilai religius, Hj Ririen Nadjmi Adhani menyambut positif kegiatan ini.

“Manasik haji bagi anak prasekolah dapat kita pandang sebagai suatu upaya pembelajaran nilai-nilai moral dan agama dengan metode simulasi,” katanya.

Metode pembelajaran apabila di manage dan direncanakan sedemikian rupa dengan muatan-muatan psikologis yang terkontrol, akan dapat menimbulkan suatu kesan yang mendalam dan dapat kita andalkan sebagai salah satu cara membentuk pribadi anak yang religius.

“Tentunya kegiatan manasik haji ini, selain bertujuan agar anak-anak memahami tata cara ibadah haji sejak dini, juga bertujuan untuk menanamkan nilai dan norma ajaran islam bagi anak-anak sejak usia dini, sekaligus untuk memperkenalkan kepada anak–anak usia dini tentang pentingnya arti manasik haji sebagai rukun islam kelima dan wajib dijalani,” sebutnya.

Dengan demikian anak-anak nantinya mengetahui bagaimana pelaksanaan manasik haji yang harus dilakukan seorang muslim.

Selain untuk menanamkan nilai-nilai dan ajaran islam terhadap anak sejak dini, yang tak kalah pentingnya peragaan manasik haji ini untuk lebih mempererat ukhuwah islamiah, baik antar sesama murid maupun para guru serta orang tua murid.

“Diharapkan dengan peragaan manasik haji ini, kalian dapat mengenal tata cara berhaji dan anak-anakku menjadi anak yang sholeh dan sholehah, serta memiliki semangat dan cita-cita untuk berhaji ke tanah suci saat kalian dewasa nanti, karena
menunaikan ibadah haji adalah impian yang amat dirindukan oleh setiap umat muslim,” ujarnya

Hj Ririen Nadjmi Adhani menyampaikan terima kasih kepada jajaran Pusat Kerja Gugus (PKG) Kecamatan Banjarbaru Utara beserta seluruh pihak pendukung atas inisiatifnya menyelenggarakan peragaan manasik haji ini, dengan jumlah peserta 450 anak dari TK se Kecamatan Banjarbaru Utara.(maf/humaspemkobjb)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan