oleh

69 Kuliner Khas Disajikan di Syukuran Harjad HSS Ke-69

KANDANGAN, koranbanjar.net – Sebanyak 69 stan kuliner, yang menyajikan 69 jenis kue dan masakan, mewarnai acara syukuran Hari jadi Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) ke-69, Minggu (1/12/2019) di lapangan Lambung Mangkurat Kandangan.

Sajian kuliner khas daerah dengan menu utama ‘masak tuha’ dihidangkangkan gratis, untuk seluruh masyarakat yang menghadiri acara tersebut. ‘Masak tuha’ merupakan masakan khas, berupa kari dengan daging dan kacang putih atau disebut ‘kacang nagara’.

69 Kuliner Khas Disajikan di Syukuran Harjad HSS Ke-69

Konsep acara tersebut, menghidangkan masakan tradisional, yang seluruh bahan bakunya tersedia di HSS sendiri, sehingga secara tidak langsung dapat mengangkat perekonomian masyarakat.

Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan, masakan tuha adalah masakan yang sering dibikin untuk acara-acara penting dalam masyarakat sejak zaman dahulu.

“Dengan disajikan masakan tuha sebagai sajian utama ini, kita ingin mengenalkan kepada masyarakat kita, yang mungkin lupa dengan masakan tuha,” terang Bupati Fikry saat meninjau berkeliling seluruh stan.

Pada syukuran tersebut ucap Achmad Fikry, pihaknya semua berbaur berdoa dan menikmati masakan rakyat, “Karena ini semua hal kemeriahan hari jadi kabupaten HSS ini dari, oleh dan untuk masyarakat,” ucapnya.

Peserta yang mengikuti stan terdiri seluruh instansi di lingkungan Pemkab HSS, Instansi vertikal, BUMN dan BUMD, sekolah dan sebagainya. (yat)

Komentar

Jangan Lewatkan