4 Bangunan Bersejarah Ponpes Hidayatullah Terbakar

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET – Kebakaran hebat kembali terjadi. Kali ini melanda Pondok Pesantren Hidayatullah di Jl. Pangeran Hidayatullah, Kelurahan Keraton Martapura, Selasa (10/7),  sekitar pukul 04.45 dinihari.

Adapun bangunan yang terbakar merupakan bangunan pertama Ponpes Hidayatullah, yakni 4 ruang kelas, meliputi 3 ruang kelas untuk Aliyah dan 1 ruang kelas untuk Ibtidaiyah. Akibat musibah tersebut, pihak Yayasan Ponpes Hidayatullah mengalami kerugian yang diperkirakan mencapai Rp869 juta.

LOKASI - Pengurus yayasan ke lokasi (foto istimewa)
LOKASI – Pengurus yayasan ke lokasi (foto istimewa)

Informasi yang dihimpun koranbanjar.net di lokasi kejadian, api bermula muncul dari salah satu 4 ruang yang terbakar. Belum diketahui dengan jelas, asal maupun penyebab munculnya api. Namun api cukup cepat membesar dari ruang satu ke ruang lainnya, hingga dalam waktu sekitar hampir 2 jam bangunan-bangunan itu menjadi arang.

Warga setempat yang mengetahui kejadian, bergegas mendatangi lokasi kejadian. Ada yang membawa peralatan seadanya, adapula yang memukul tiang listrik sebagai tanda terjadinya musibah tersebut. Tidak hanya itu, deretan mobil Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) pun berdatangan dari segara arah, menuju lokasi untuk memberikan pertolongan, memadamkan kobaran api.

BERKUNJUNG - Bupati Banjar, H Khalilurrahman didampingi pejabat lainnya mengunjungi lokasi. (foto istimewa)
BERKUNJUNG – Bupati Banjar, H Khalilurrahman didampingi pejabat lainnya mengunjungi lokasi. (foto istimewa)

Selain menghanguskan 4 ruang kelas tersebut, api juga sempat menjalar ke sebagian ruang guru. Namun berhasil dipadamkan dengan segera. Warga setempat sempat mengkhwatirkan api merembet ke luar lingkungan Ponpes Hidayatullah, mengingat di sekitar Ponpes terdapat permukiman penduduk yang cukup padat.

Musibah tersebut sudah pasti menjadi perhatian Pengurus Yayasan Ponpes Hidayatullah. Tampak yang hadir di lokasi kejadian, Pimpinan Umum Ponpes Hidayatullah, KH Syaifullah Nasrun Thohir, LC, Ketua Yayasan Ponpes Hidayatullah, Drs. H Muhammad Ramlan, Pengurus Yayasan lainnya, Fauzan Asniah serta sejumlah guru.

Tidak hanya itu, sekitar pukul 06.30 wita, Bupati Banjar, H Khalilurrahman beserta pejabat teras lainnya, seperti Sekda Banjar, Ir Nasrunsyah, Kasatpol PP, Rachmadi, Kepala Diskominfo, Farid Soufian Madar, langsung menyempatkan diri untuk mengunjungi lokasi kebakaran.

Di tempat terpisah, Pengurus Yayasan Ponpes Hidayatullah Martapura yang juga Kepala Madrasah Tsanawiyah Hidayatullah, M Ihsan mengharapkan semua pihak, terutama para alumni Ponpes Hidayatullah dapat berpartisipasi meringankan beban pengurus yayasan untuk mendirikan kembali bangunan yang hangus terbakar.

Oleh sebab itu, bagi siapa saja, terutama para alumni di mana pun berada yang berkenan membantu menyisihkan rezekinya untuk pembangunan kembali ruang kelas yang terbakar itu dapat menyalurkan langsung melalui REKENING BNI CABANG BANJARBARU ; 0273502011, Atas Nama : YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM HIDAYATULLAH.(sai/sir)