Tak Berkategori  

300 Warga Landasan Ulin Belum Memiliki E-KTP

BANJARBARU, KORANBANJAR.NET – Proses perekaman data untuk pembuatan E-KTP terlihat membeludak Di Kantor Kecamatan Landasan Ulin, Banjarbaru sejak pagi hari pada Sabtu (21/07) kemarin. Terlihat antrian orang-orang memenuhi tiap sisi Kantor Kecamatan Landasan Ulin.

Rata-rata mereka datang sejak pagi-pagi sekali untuk melakukan perekaman data E-KTP dan juga para petugas yang terlihat sibuk melayani warga.

“Antri dari pagi mas, untuk perpanjang sekalian bikin E-KTP soalnya punya saya yang lama belum elektronik, masih yang pakai laminating nih,” ujar Muhammad Nur, warga Jalan Kasturi 2, sambil menunjukkan KTP lamanya, sembari menunggu giliran.

Program ini adalah kerjasama Pemerintah Kota Banjarbaru dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk memperlancar pendataan di tiap kecamatan seluruh Banjarbaru. Dan memang untuk wilayah Kecamatan Landasan Ulin sendiri mendapat urutan pertama pendataan keliling di 5 kecamatan se Kota Banjarbaru.

Hal tersebut senada dengan apa yang dijelaskan oleh Camat Landasan Ulin, H. Abdul Malik M.Si kepada koranbanjar.net.

“Jadi memang program membantu proses perekaman E-KTP supaya lebih cepat, juga sekalian pendataan warga yang sudah memiliki hak pilih untuk persiapan pemilu nanti,” jelasnya.

Dia juga menjelaskan bahwa memang alat perekam E-KTP di sini hanya 1 buah, dan yang 1 dipinjamkan dari Pemerintah Kota untuk kemudian dipinjamkan ke 5 kecamatan lain di Banjarbaru.

“Upaya ini biar masyarakat bisa lebih mudah dan cepat mendapatkan KTP bagi yang sudah wajib memiliki, kasihan kalau harus menunggu lama karena alat kami cuma 1, padahal ada sekitar 300 warga Landasan Ulin yang belum memiliki E-KTP,” ungkapnya.

Abdul juga mengimbau kepada masyarakat yang sudah wajib ber-KTP atau yang belum mempunyai E-KTP agar segera melapor kepada RT, RW, Kelurahan agar bisa cepat diproses mendapatkan E-KTP.

“E-KTP sangat penting untuk kelancaran pelayanan seperti daftar sekolah, BPJS, lamaran kerja, dan masih banyak kegunaan lain. Jadi saya imbau kepada masyarakat agar segera melapor, dan segera mengajukan, supaya cepat diproses,” tutupnya.(ren/ana)