24 Unit WC Komunal Di Keramat Baru

oleh -107 views
24 Unit WC Komunal Di Keramat Baru
Desa Keramat Baru bangun 24 wc komunal di tahun 2019. (Foto: dya/koranbanjar.net)

MARTAPURA TIMUR,koranbanjar.net – Pembangunan 24 unit wc komunal dilaksanakan di Desa Keramat Baru Kecamatan Martapura Timur. Pembangunan wc permanen dan pribadi ini menggantikan wc apung alias jamban, yang bertebaran di sungai setempat.

Pembongkaran jampung dan berganti wc permanen merupakan program kerja Pemkab Banjar melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Banjar bekerjasama pemerintah pusat.

Dikatakan Kepala Urusan Umum Desa Keramat Baru Hasbi kepada koranbanjar.net pada Kamis (24/102/019) tadi. Pembangunan wc komunal dilaksanakan di tahun  2018 dan 2019 di Keramat Baru.

Tahun 2018 dibangun sebanyak 60 unit wc komunal, sedangkan tahun 2019 pembangunannya sebanyak 24 unit. “Sebagian sudah terbangun dan sebagian lagi tahap pembangunan untuk tahun 2019,” imbuhnya.

Diungkapkan Hasbi, pembangunan wc komunal di tahun 2018 menggunakan anggaran dana alokasi khusus atau DAK dari pusat. Berbeda kalau tahun 2019 ini, maka anggarannya berasal dari dana hibah.

Dibangunnya wc komunal di Keramat Baru sebagai bagian dari pembangunan wc umum di Kabupaten Banjar, dengan dihapuskannya sejumlah jamban apung. Pembangunan wc komunal sebagai solusi dan timbal balik penghapusan penggunaan jamban  apung di Kabupaten Banjar. Supaya terciptanya fasilitas tempat buang air besar (BAB) yang layak dan memenuhi faktor kesehatan.

Program sungai bebas jamban apung dengan dilakukan pembongkaran, dibarengi pembangunan wc komunal, mandi cuci kakus (MCK) komunal dan septik tank standar serta pengelolaan air limbah. (dya)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan