Berita UtamaKota Banjarmasin

Papua Memanas, Pasukan Brimob Polda Kalsel Diturunkan

Kapolda; Jangan Remehkan Situasi

BANJARMASIN, KORANBANJAR.NET – Makin terusiknya keamanan di wilayah Indonesia Timur, Papua Nugini, membuat Kepolisian RI harus menurunkan anggota Brimobda Polda Kalsel dalam tugas Operasi Aman Nusa I (Pengamanan Kontigensi Antisipasi Konflik Sosial) di wilayah Kabupaten Mimika Papua.

Pasukan dilepas dengan upacara pemberangkatan yang dipimpin langsung Kapolda Irjen Polisi Yazid Fanani, di Aula Rupatama Mapolda Kalsel, Minggu (23/12/2018) pagi.

Pasukan tersebut diberangkatkan khusus untuk penugasan keamanan di Papua yang saat ini suasana keamanan di wilayah Timur Indonesia yang semakin memanas, menguak insiden penembakan terhadap 31 pekerja.

Dalam sambutan yang dituangkan lewat rilis yang dikirim ke koranbanjar.net, Minggu(23/12/2018) pukul 09.00 wita, Kapolda Yazid menyampaikan bahwa tugas ini memang berat. Untuk itu para personil diharapkan selalu bersikap sabar dalam menghadapi situasi dan kondisi selama pelaksanaan tugas, terutama mengendalikan emosi pada saat melaksanakn tugas.

“Jaga selalu kekompakan dalam pelaksanaan tugas dan jalin kerja sama dengan rekan-rekan kita dari TNI dan masyarakat,” ucapnya.

Ia mengimbau kepada 120 personil Sat Brimob Polda Kalsel dalam rangka BKO Polda Papua untuk misi kontingensi dan kamtibmas di Polda Papua agar dalam melaksanakan penugasan Aman Nusa I tidak ada yang mengonsumsi minuman keras di wilayah operasi. Kemudian penugasan tersebut dapat berjalan aman dan lancar.

Jenderal Yazid juga meminta kepada pimpinan regu untuk selalu berkomunikasi dengan rekan-rekan perwira pengendali yang berada di sana. Apabila ada sekecil apapun kejadian yang terjadi dalam pelaksanaan tugas harap dilaporkan.

“Jangan meremehkan situasi dan kondisi selama pelaksanaan tugas di Mimika Papua,” katanya mengingatkan.

Selain itu, Dansat Brimob Polda Kalsel Kombes Pol Ardiyansyah Daulay, juga menyampaikan bahwa dia selalu menekankan kepada personel Satuan Brimob, kalau ingin berbagi pengalaman dengan rekan-rekan Brimob di Polda lain yang membutuhkan bantuan tentu ada nilai jual.

Upacara pelepasan ini dihadiri Irwasda Polda Kalsel Kombes Pol Drs. Djoko Poerbo Hadijojo, Dansat Brimob Polda Kalsel Kombes Pol Ardiyansyah Daulay, beserta sejumlah Pejabat Utama Polda Kalsel, Ketua Bhayangkari Daerah Kalsel Ny. Rinny Yazid Fanani. beserta Pengurus Bhayangkari Daerah dan Cabang Sat Brimob Polda Kalsel serta personel Sat Brimob lainnya. (al/sir)

Tags

Tinggalkan Balasan

Close