Baznas

Zaman Now, Pengaduan Tinggal Buka Aplikasi LAPOR, Hasilnya pun Mencengangkan

- Tak Berkategori
  • Bagikan

BANJARBARU, KORANBANJAR.NET – Sebelum membuka cabang di kawasan Jl, Trikora, Kota Banjarbaru, owner Restoran dan Café Pak Siyo ternyata pernah menggunakan aplikasi LAPOR! Hal ini terkait proses perijinan yang cukup sulit.

Namun, setelah menggunakan aplikasi LAPOR, tak memerlukan waktu lama, laporan pun segera mendapat tanggapan dari Plt Camat Banjarbaru Selatan H Indra Putera, SSTP, MM.

Pelapor pun merasa puas dengan tanggapan yang luar biasa cepat dari pejabat setempat.

“Benar, baru saja saya telah mendapat rekomendasi dari kelurahan setelah kuasa hukum saya menjelaskan kepada Lurah setempat, bahwa kami tidak menggunakan live music dan untuk limbah kami memiliki empat resapan,” tulisnya saat menanggapi kembali pernyataan dari pejabat di aplikasi LAPOR.

Pemanfaatan aplikasi LAPOR sebagai sarana pengaduan warga sangat bermanfaat, tidak hanya bagi warga sebagai pelapor, tetapi juga bagi Pemerintah Kota Banjarbaru sebagai instansi yang dilaporkan. Karena segala permasalahan yang ada di Kota Banjarbaru dapat tergambar secara komprehensif.

Bila pada zaman old pengaduan dilakukan secara parsial atau masing-masing instansi, maka pada zaman now, diharapkan segala pengaduan terintegrasi melalui satu kanal pengaduan yaitu aplikasi LAPOR.

Ada banyak kelebihan aplikasi ini. Pertama, mudah digunakan. Kedua, banyak cara untuk mengintegrasikan laporan, melalui sms 1708, Tweeter #BANJARBARU, download aplikasi lapor di playstore,  melalui website www.lapor.go.id, maupun datang langsung ke Kantor Diskominfo Banjarbaru.

“Kadang masyarakat merasa bahwa pelayanan yang dilakukan Pemerintah Kota Banjarbaru belum maksimal. Mungkin hal ini tidak sepenuhnya salah, karena Banjarbaru masih berbenah. Namun, penggunaan aplikasi LAPOR dapat menjembatani segala permasalahan yang ada karena memungkinkan terjadinya dialog antara pelapor dan yang dilaporkan, sehingga kesalahpahaman yang disebabkan miskomunikasi dapat dihindarkan,” ujar Titiek yang merupakan salah satu admin aplikasi LAPOR dari Diskominfo Banjarbaru.

“Mari manfaatkan hak kita sebagai warga untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan Kota Banjarbaru melalui aplikasi LAPOR,” pungkasnya.

Penulis                       : Titiek Septiningsih

Lembaga                    : Diskominfo Banjarbaru

10 Besar Lomba Penulisan yang Diselenggarakan Koran Banjar dengan dukungan Pemko Banjarbaru 27-28 Maret 2018

  • Bagikan