Wujudkan Visi dan Misi, Pemprov Kalsel Bersinergi dengan Media

KARANG INTAN, KORANBANJAR.NET – Peran media dalam pembangunan daerah sangat lah penting, tak terkecuali bagi Kalimantan Selatan (Kalsel). Bahkan, meskipun kinerja pemerintah sudah maksimal namun tidak dibarengi dukungan pers, maka akan sia-sia.

Hal itu diungkapkan Kepala Biro Humas dan Protokol (Humpro) Setda Provinsi Kalsel, Kurnadiansyah, didampingi Kasubag Pemberitaan Humpro Setdaprov Kalsel, Bambang, pada kegiatan Jumpa Pers Gubernur Kalimantan Selatan, yang dilaksanakan di Objek Wisata Kiram Park, Desa Kiram, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Selasa (15/5/2018) siang.

“Selain bersilaturrahmi dengan kawan-kawan media cetak maupun elektronik, kami juga ingin mengetahui sejauh mana keinginan insan pers dalam mendukung visi dan misi gubernur Kalsel,” ujar Kurnadiansyah.

Jumpar Pers Pemprov Kalsel dengan Media

Menurutnya, ini berkaitan dengan pemberitaan yang disosialisasikan kepada masyarakat sejauh mana keberhasilan pembangunan yang sudah dilaksanakan di Kalsel.

Acara yang bertema ‘Peran Penting Pers dalam Upaya Mewujudkan Visi dan Misi Pemprov Kalimantan Selatan’ ini juga untuk menerima masukan-masukan dari wartawan. Salah satu masukan adalah terkait konfirmasi berita kepada instansi terkait yang kadang-kadang menjadi kendala.

Hal itu diakui Kurnadiansyah, memang menurutnya SKPD terkait mempunyai keterbatasan waktu, oleh karena itu ia pun berencana agar dipermudah.

“Kepinginnya setelah kegiatan ini kita coba jadikan satu pintu yang akan difasilitasi oleh biro humas, mungkin semacam jumpa pers,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua PWI Kalsel Zainal Helmi meinginkan para wartawan agar membantu mewujudkan visi misi Gubernur Kalsel. Namun menurutnya para insan pers juga harus turun ke masyarakat agar melihat langsung fakta di lapangan.

“Kita adalah pers perjuangan yang bukan hanya untuk pemerintah, namun juga untuk masyarakat,” kata Helmi.

Meski perusahaan media membantu visi dan misi Pemprov Kalsel, namun menurutnya bukan berarti tidak memberikan kritikan terhadap pemerintah.

“Peran kita tetap akan mengkritik tapi sifatnya membangun demi perbaikan” ucapnya.

Terkait untuk mempermudah konfirmasi berita ke Dinas terkait, Helmi mengatakan akan menjembatani bersama humas. “Kita ingin menjembatani bersama humas dan mereka akan konsentrasi di situ. Adapun hasil-hasil (pembahasan) dari sini akan disampaikan kepada Paman Birin (Gubernur Kalsel),” pungkasnya.

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, yang direncanakan berhadir pada acara itu berhalangan hadir karena kesibukan yang lain, begitu juga dengan Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel  H Abdul Haeis Makkie. (dra)