oleh

Wow…Pemprov Kalsel Dianugerahi Penghargaan MURI Kategori Menanam Padi Pelajar Terbanyak

BATOLA, KORANBANJAR.NET – Keteladanan dari sosok seorang Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, yang telah banyak menggerakkan elemen masyarakat untuk mendukung program pembangunan nasional maupun daerah, menarik perhatian serta kebanggaan dari pihak Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Kebanggaan dari MURI ini terutamanya tertuju pada sosok teladannya sebagai Gubernur Kalsel yang tak kenal lelah mengajak masyarakat untuk mensukseskan acara Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 38 tahun 2018 yang akan dilaksanakan di Desa Jejangkit, Kecamatan Jejangkit, Kabupaten Barito Kuala (Batola), dari tanggal 18 hingga 21 Oktober 2018 nanti.

Menurut Manager MURI, Triyono, rasa bangga terhadap Paman Birin ini, sesuai dengan apa yang telah disaksikan langsung oleh pihaknya sendiri, dimana pada saat itu ada sebanyak 5 ribu pelajar dari beberapa SMA dan SMK dari Kota Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Batola dan Kabupaten Banjar, turun serentak ke sawah untuk menanam benih padi secara bersamaan di lokasi persawahan yang nantinya dijadikan untuk acara Peringatan HPS ke 38.

“Kami menyaksikannya sendiri hari ini, ada 5 ribu pelajar SMA dan SMK turun serentak ke sawah menanam padi. Ini merupakan torehan luar biasa yang akan menjadi sejarah di Kalsel,” kata Triyono, saat berada di lokasi persawahan yang nantinya dicanangkan untuk acara Peringatan HPS ke 38, Sabtu (22/09).

Dijelaskan Triyono, besarnya jumlah partisipasi masyarakat yang ikut mempersiapkan dan turut mendukung acara Peringatan HPS ke 38 itu, menjadi salah satu hasil yang tak lepas dari upaya Paman Birin yang selama ini tak kenal lelah dalam mengajak serta menggerakkan masyarakat untuk turut mensukseskan acara Peringatan HPS ke 38 itu.

Bahkan, diungkapkannya, sejak berdirinya MURI pada tahun 1990 silam, hingga tahun sekarang, belum pernah ada kegiatan yang melibatkan sebanyak 5 ribu pelajar turun serentak ke sawah untuk menanam padi secara bersamaan.

Karenanya, dituturkan Triyono, MURI sangat terkesima tehadap capaian luar biasa yang telah diraih Kalsel ini, terlebih kepada 5 ribu pelajar yang berasal dari beberapa SMA dan SMK di 4 daerah yang ada di Kalsel itu.

Oleh karena itu, Triyono menyatakan, sebagai bentuk apresiasi atas capaian Kalsel yang luar biasa ini, maka MURI menganugerahkan Penghargaan MURI 2018 kepada Pemprov Kalsel, dengan Kategori Menanam Padi Pelajar Terbanyak.

Manager MURI ini menerangkan, sekiranya penghargaan ke 8689 MURI ini (jumlah penghargaan yang telah dikeluarkan MURI sejak awal berdiri) dapat menjadi torehan sejarah bagi Pemprov Kalsel, karena sebagai lembaga profesional yang diakui dunia, MURI hanya memberikan penghargaan kepada lembaga atau pihak yang benar-benar dianggap telah menorehkan prestasi sejarah. (dny)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: