Baznas

Workshop KLHS Menyusun RPJMD

- Tak Berkategori
  • Bagikan

RANTAU, Koranbanjar.net – Pj.Bupati Tapin, Gusti Syahyar bersama Mantan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia Prof.Dr.Ir.Gt.H.Muhammad Hatta,MS hadiri pelaksanaan kegiatan workshop Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) dalam rangka penyusunan lima tahun kedepan  Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD)  Kabupaten Tapin, Rabu (10/4) pagi, di Aula Kantor Sekretariat Daerah Pemkab Tapin.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Mantan Menteri Lingkungan Hidup RI serta  narasumber lainnya seperti Prof.Dr.Ir.H.Syarifudin Kadir, M.Si dan Tim KLHS dari Akdemisi Fakultas Universitas Lambung Mangkurat (ULM). Hadir dalam acara workshop Kepala Dinas dan Kepala Bagian di lingkup Pemkab Tapin untuk mendengarkan narasumber menyampaikan paparannya.

Menurut Muhammad Hatta menjelaskan bahwa Pemerintah Daerah wajib membentuk Tim Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) dalam menyusun RPJMD agar tiap daerah memiliki konsep yang ramah lingkungan dan bekelanjutan.

KLHS RPJMD meliputi kajian tentang pengaruh kebijakan, rencana, dan program terhadap kondisi lingkungan hidup disuatu wilayah, perumusan alternatif penyempurnaan kebijakan dan program serta rekomendasi perbaikan untuk pengambilan keputusan kebijakan dan program yang mengintegrasikan prinsip pembangunan berkelanjutan.

Pj.Bupati Tapin, Gusti Syahyar mengatakan diselenggarakan workshop KLHS ini sebagai langkah kita dalam menyusun RPJMD sesuai visi Kepala Daerah dan Pemerintah Kabupaten Tapin. Beliau berharap semoga dengan pertemuan antara H.Muhammad Hatta beserta Tim KLHS-nya dengan jajaran Pemerintah Daerah tujuan dari KLHS RPJMD dapat menghasilkan kajian yang nantinya menjadi rencana bersama dalam menyusun rencana pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Tapin. Dengan kajian itu dapat mengintegrasikan segala pertimbangan dari lingkungan hidup dalam prinsip pembangunan berkelanjutan. (nas/pri)

  • Bagikan