Baznas

What? Gigit Kuping di Tinju Olimpiade Bagai Tyson-Holyfield

  • Bagikan
Petinju Maroko Youness Baalla dan wakil Selandia Baru David Nyika

Ada insiden tinju paling ikonik sepanjang masa saat Mike Tyson menggigit kuping Evander Holyfield pada 28 Juni 1997, ternyata terjadi juga di arena Olimpiade Tokyo, Selasa (27/7/2021).

KORANBANJAR – Petinju Maroko, Youness Baalla kedapatan coba menggigit bagian kuping dan pipi lawannya asal Selandia Baru, David Nyika di babak 16 besar kelas berat.

Youness Baalla tampak frustasi dalam pertandingan tersebut. Dia mengarahkan gigi-giginya ke kuping kanan sang lawan.

Itu membawa kembali kenangan ketika Tyson didiskualifikasi karena menggigit sebagian telinga Evander Holyfield dalam bentrokan kontroversial mereka lebih dari dua dekade lalu.

BACA:  Rossi Putuskan Nasib Saat Jeda

Nyika langsung bereaksi dan mengadu kepada wasit, meski Baalla tetap diizinkan untuk melanjutkan pertarungan. Nyika memenangkan kontes, dan mengatakan dia cukup terkejut Balla bisa lolos dari pengamatan wasit meski jelas-jelas ingin menggigit kupingnya.

“Saya tidak berpikir dia akan lolos begitu saja. Dia mencoba menggigit tulang pipiku … dia mungkin baru saja berkeringat,” kata Nyika dikutip dari Daily Star, Rabu (28/7/2021).

Nyika menang melalui keputusan angka mutlak untuk lolos ke perempat final, di mana ia akan melawan Uladzislau Smiahlikau dari Belarusia.

Komentator BBC Ronald McIntosh terkejut dengan apa yang dilihatnya di atas ring. “Ya ampun, sekarang itu keterlaluan. Baalla ingin menggigit telinga David Nyika,” kata McIntosh.

BACA:  Olimpiade Tokyo: Bulutangkis Indonesia Berangkat 8 Juli

“Itu mungkin di luar dugaan wasit, tapi itu jelas melanggar aturan, tidak ada peringatan.” Meskipun Baalla tidak dalam suasana hati yang meminta maaf, ia turun ke media sosial setelah pertarungan untuk menyerang para pembencinya.

“Untuk semua orang yang datang dari Selandia Baru … dengan segala hormat saya untuk negara ini, tetapi Anda tidak menunjukkan rasa hormat kepada diri Anda sendiri (sic),” tulis Baalla di Instagram Story-nya.

BACA:  Olimpiade Tokyo Untungkan Tuan Rumah Raih Medali Terbanyak dalam Sejarah

“Saya tidak akan menjawab DM atau komentar buruk dari Anda dan maaf saya memiliki hal-hal besar yang menunggu saya.” Ini bukan pertama kalinya seorang petinju mencoba menggunakan giginya dalam pertarungan.

Tyson menggigit Holyfield dalam pertarungan kedua mereka pada tahun 1997, dengan Tyson didiskualifikasi dari pertarungan tersebut. “Saya menggigitnya karena saya ingin membunuhnya. Saya benar-benar marah karena kepala saya terbentur dan segalanya,” kata Tyson kala itu.

“Saya benar-benar kehilangan kesadaran dari seluruh pertarungan. Itu membawa saya keluar dari rencana pertarungan saya dan segalanya.” (suara)

(Visited 1 times, 1 visits today)
  • Bagikan
(Visited 1 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *