Baznas

Webinar Literasi Digital Kotabaru; Saring Postingan di Media Sosial  

  • Bagikan
Literasi Digital Kotabaru.
Literasi Digital Kotabaru.

Perkembangan teknologi digital tidak bisa kita hindari, penggunaan teknologi sudah menjadi bagian dari kehidupan kita. Seiring perkembangan teknologi digital, berkembang pula dampak negatif dari perkembangan teknologi tersebut. Oleh karena itu pengguna teknologi digital harus memiliki pemahaman literasi keamanan digital agar tidak menjadi korban dampak negatif perkembangan teknologi.

KOTABARU, koranbanjar.net – Kementerian Komunikasi dan Informatika mengadakan webinar bertema ‘Berekspresi di Dunia Digital dengan Literasi yang Tepat’ di Kabupaten Kotabaru, Senin (10/8/2021) pukul 14.00 Wita.

Acara yang dibuka Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc ini menampilkan sejumlah pembicara kompeten. Dalam diskusi ini dipandu moderator Shabrina Anwari, yang menghadirkan narasumber pertama yaitu Rieka Roslan yang menyampaikan materi tentang etika bermedia sosial.

BACA:  Webinar Literasi Digital Tapin; Media Sosial Sebagai Wadah Demokrasi

“Sosial media merupakan wadah untuk berkomunikasi, berbagi informasi dari jarak dekat maupun jarak jauh. Namun kita harus tetap menyaring apa yang harus kita posting atau tidak” ujar Rieka

Rieka juga menambahkan, posting kegiatan kita ke media sosial yang santai-santai saja jangan yang terlalu bersifat privasi.

Kemudian ada materi dari narasumber kedua yaitu, Amelia Permata Rizky  yang menyampaikan materi tentang “Memasuki Internet dengan Aman melalui Literasi.”

BACA:  Internet 5G Telkomsel Resmi Tersedia, Dirut: Hari Bersejarah
Literasi Digital Kotabaru.
Literasi Digital Kotabaru.

Amelia membagikan tips cara menggunakan media sosial yang baik yaitu;

1.Memahami keberagaman budaya dan upaya untuk menghargainya

2.Memiliki kemampuan berkomunikasi secara baik, simpati dan empati

3.Memfilter berita bohong, ujaran kebencian, perudungan siber, black campaign, dan doxing.

Kemudian ada materi menarik dari nara sumber ketiga yaitu Bara Zulfa sekaligus Key Opinion Leader yang menyampaikan materi tentang “Aman saat Berbelanja Online.”

Bara menyampaikan, bagaimana cara menjaga keamanan digital data pribadi?

BACA:  Bantu Korban Banjir di Sungai Danau, Kumdatus Galang Dana

1.Tidak membagikan informasi pribadi

2.Hanya mengakses situs dengan enskripsi data

3.Memperhatikan password

4.Bijak menggunakan media sosial

5.Membaca syarat dan ketentuan

Tertipu saat berbelanja online?

Bara juga menginformasikan tentang situs untuk melaporkan saat ditipu yaitu kredibel.co.id , lapor.go.id, dan CekRekening.id.

Terakhir, ada materi dari narasumber Adimas Wardhana yang menyampaikan tentang “Pentingnya Memiliki Digital Skill Dimasa Pandemi.”

“Skill yang harus dimiliki dimasa pandemi ini yaitu pertama skill leadership, kemudian fleksibel dan adaptif, memahami teknologi, komunikasi dan kecerdasan emosional, kreativitas dan inovasi.(koranbanjar.net)

 

(Visited 1 times, 1 visits today)
  • Bagikan
(Visited 1 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *