Webinar Literasi Digital Kotabaru; Bijak dan Cermat di Ranah Digital

  • Bagikan
Musisi nasional Andy rif/ saat tampil sebagai narasumber webinar literasi digital Kotabaru, Rabu (8/9/2021). Foto: bidik layar/KBnet

Webinar Literasi Digital kembali digelar di Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan dengan tema “Bijak dan Cermat di Ranah Digital”. Pada Rabu (8/9/2021)

KOTABARU, Koranbanjar.net – Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI bekerjasama dengan Siberkreasi yang melaksanakan webinar pada hari ini, (8/9/2021) kegiatan ini dibuka oleh Samuel Abrijani Pangerapan serta dipandu Moderator Oyya Sibuea.

Hadir sejumlah narasumber kompeten yakni, Founder Hunky Dory Barbershop dan Milenia Guest House Gilang Alvianto, Guru bimbingan konseling dan sosiologi SMA Negeri 1 Tarjun, Syahrida Susanti, S Pd, Musisi Restu Triandy, dan Guru ekonomi SMAS ITP Tarjun Ika Rozy Septya Dewi, S Pd.

BACA:  Dua Pelaku Pembuangan Bayi di Kotabaru Ditangkap, Akui Malu hingga Takut Dimarahi Keluarga

Dalam sesi diskusi panel musisi Restu Triandy atau yang karib disapa Andy rif/memaparkan kepada para peserta webinar bahwa, “kita seharusnya bisa lebih memanfaatkan media digital ini sebagai alat komunikasi yang benar, tepat dan sesuai dengan skill yang dimiliki agar tidak memberikan informasi yang salah,” bebernya.

Kendati begitu, Andy mengatakan dirinya lebih menghindari postingan yang bersifat privasi agar terhindar dari hal-hal yang menjurus ke hal negatif.

BACA:  Warga Binaan Dirazia Mendadak, Petugas Temukan Barang Terlarang

Kemudian, dilanjutkan oleh narasumber Gilang Alvianto yang memberikan pemaparan tentang dunia maya dan rekam jejak digital.

Terkait hal ini, Gilang membedakan antara dunia maya dan dunia nyata itu sangat berbeda meski keduanya dijalani secara bersamaan.

“Dunia maya dan dunia nyata adalah dua dunia yang berbeda, namun keduanya kita jalani bersamaan, karena kita hidup seperti di dua dunia, seperti ketika kita bangun pagi yang pertama kita lihat adalah handphone sehingga tanpa sadar kita juga hidup di dunia maya,” ucapnya.

BACA:  Kotabaru Bentuk Posko Khusus Isoman di Tiap Kecamatan

Meski begitu untuk meninggalkan rekam jejak digital ini perlu di waspadai, Gilang memberikan cara untuk meninggalkan rekam jejak digital yang baik yakni ada 3M.

Webinar Literasi Digital Kotabaru; Bijak dan Cermat di Ranah Digital, Rabu (8/9/2021). Foto: bidik layar/KBnet

Yang pertama dengan cara mengunggah konten dan komentar positif, lalu memutus tali hoax dan menjaga penyebaran data diri.

Adapun manfaat rekam jejak digital yang baik yaitu, menciptakan branding, memperluas koneksi, dan membuka peluang bisnis. (Mj-40/and)

(Visited 20 times, 1 visits today)
  • Bagikan
(Visited 20 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *