BNN

Webinar Literasi Digital Kota Banjarmasin; Melek Digital dengan Literasi Digital

  • Bagikan
Webinar Literasi Digital Banjarmasin.
Webinar Literasi Digital Banjarmasin.

Kementerian Komunikasi dan Informatika mengadakan webinar bertema “Melek Digital dengan Literasi Digital” di Kota Banjarmasin, Jumat (17/9/2021) pukul 09.00 Wita.

Acara dibuka oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan, B Sc dan Walikota Banjarmasin H. Ibnu Sina, S Pi., M Si ini menampilkan sejumlah pembicara kompeten.

Dalam diskusi ini dipandu oleh moderator Reza Rahman yang menghadirkan narasumber pertama yaitu Dr. Lintang Ratri Rahmiaji, S Sos., M Si yang menyampaikan materi tentang “Berdaya di Ruang Digital”

Lintang memaparkan, data per Januari 2021, dari 274,9 juta penduduk, 345,3 juta orang melakukan koneksi telepon seluler, 202,6 juta pengguna internet, dan 170 juta orang pengguna media sosial aktif yang rata-rata menggunakan waktunya selama 8 jam 52 menit perharinya.

Bagaimana menjadi berdaya di ruang digital?

Lintang menuturkan, bahwa menjadi berdaya di ruang digital dapat dilakukan dengan cara searching, sourching, distributing-leaking, networking, collective action, dan collective intelligence.

Narasumber kedua, M. Ali Muksin, S Pd., M M yang menyampaikan materi tentang “Hidup Produktif di Era Digital”

“Masyarakat digital adalah realitas hidup di abad 21 dimana manusia dalam berbagai sektor kehidupannya terpaut dengan teknologi digital,” tuturnya

Keuntungan di era digital saat ini, yaitu;

1. Online lebih murah dibanding offline

2. Irit tenaga kerja

3. Promosi lebih murah

4. Dapat dikerjakan dimana saja

Narasumber ketiga yaitu Gusti Gina yang sekaligus Key Opinion Leader dalam acara ini menjelaskan materi tentang “Kenali dan Pahami Rekam Jejak Digital”

Apa itu Rekam Jejak Digital?

“Seperti yang kita ketahui rekam jejak digital merupakan berbagai data yang kita tinggalkan ketika menggunakan layanan digital” ujar Gina

Ia juga menambahkan, “kita bisa menjaga jejak digital dengan melindungi data personal, log in info jangan dibagikan, dan berpikir sebelum posting sesuatu di sosmed kita”.

Terakhir ada narasumber Norhalisah, M Pd yang meyampaikan materi tentang “Etika Digital”.

Apa itu etika digital?

Norhalisah memaparkan, etika digital merupakan kemampuan individu dalam menyadari, mencontohkan, menyesuaikan diri, merasionalkan, mempertimbangkan, dan mengembangkan tata kelola wtika digital dalam kehidupan sehari-hari. (lala)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

sixteen − 3 =