Webinar Literasi Digital Kabupaten Tanah Laut; Menyelam di Dunia Internet dengan Keragamannya

  • Bagikan

Pentingnya pemahaman dan pemanfaatan digital, kecakapan digital harus lebih ditingkatkan dalam masyarakat agar mampu menampilkan konten kreatif, mendidik serta menyejukkan dan menyerukan perdamaian.

PELAIHARI, Koranbanjar.net – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI bekerjasama dengan Siberkreasi yang melaksanakan webinar pada hari ini, Senin (5/7/2021), kegiatan dibuka oleh Bupati Tanah Laut H Sukamta serta dipandu Amal Bastian menampilkan sejumlah pembicara kompeten.

Dalam diskusi ini dipandu oleh moderator Amal Bastian yang menghadirkan narasumber pertama yaitu Billy Purwocaroko yang menyampaikan materi tentang “Menjadi Pengguna Internet Yang Anti Perundungan”.

“Pahami pola cara menjadi pengguna internet yang smart, karena bully sudah bergeser dari nyata ke dunia maya,dan titik mengurangi bully adalah knowladge kita dan pribadi yang aman. Empati adalah syarat utama untuk kita berkomunikasi dengan manusia dalam bergaul,” tuturnya

Narasumber kedua, Ahmad Romawi Yunani yang menyampaikan materi tentang “memahami multikulturalisme dalam ruang digital”

Ia memaparkan, Etika berkaitan dengan kebiasaan hidup yang baik, baik pada diri seseorang maupun pada suatu masyarkat atau kelompok masyarakat. Etika Bebeda dengan Hukum. Hukum sangat jelas aturan main dan sanksinya. Jika melanggar hukum, sanksinya jelas. Sedangkan Etika hanya sanksi moral semata Sehingga kenyataannya etika sering tidak begitu diperhatikan. Namun dalam perkembangannya etika sangat mempengaruhi kehidupan manusia.

Kemudian dilanjutkan oleh narasumber, M Nicko Farizki yang menyampaikan materi tentang Chance And Challenge In Digital Skill

“Media sosial memiliki banyak fungsi saat ini, seperti sumber berbagi informasi, membagikan aktivitas pribadi, membagikan reputasi yang kita miliki, memiliki suatu grup dengan teman-teman media sosial, serta banyak lagi yang dapat kita lakukan di media sosial” Pungkasnya (lala)

 

 

 

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *