Batola  

Webinar Literasi Digital Kabupaten Barito Kuala; Masyarakat Indonesia Makin Cakap Digital

Webinar Literasi Digital Batola.
Webinar Literasi Digital Batola.

Kementerian Komunikasi dan Informatika mengadakan webinar dengan tema “Masyarakat Indonesia Makin Cakap Digital” di Kabupaten Barito Kuala, Sabtu (30/10/2021) pukul 10.00 Wita.

BATOLA, Koranbanjar.net – Acara dibuka oleh Bupati Barito Kuala, Hj Noormiliyani dan Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan B Sc ini menampilkan sejumlah pembicara kompeten.

Dalam diskusi ini dipandu oleh moderator Septi D Ajeng yang menghadirkan narasumber pertama yakni, Dr Roflikatul Karimah dengan materi tentang “Mengenal Lebih Jauh tentang UU ITE Terkait Perlindungan Data Pribadi”.

Mengapa data pribadi perlu perlindungan?

Ia memaparkan, data pribadi perlu perlindungan karena mencakup nama, e-mail, nomor telepon dan data yang sangat berharga, kalau data tersebut bocor akan menyebabkan tindak kriminal yang mengakibatkan kerugian, adanya penipuan online. pencemaran nama baik, serta hak kendali atas data pribadi.

“Cara melindungi data pribadi bisa dilakukan dengan cara mengganti kata sandi secara berkala, menggunakan perangkat lunak yang legal, menghindari penggunaan komeksi internet di sembarang tempat, pastikan

Narasumber kedua, Drs H Rusmin yang membahas materi tentang “Tips dan Trik Aman Berinteraksi Digital”

“Perilaku dipengaruhi oleh adat, sikap, emosi, nilai, etika, kekuasaan, persuasi, genetik,” ujarnya

Tips aman bertransaksi digital, yakni;

1.Hindari wifi publik

2.Mengganti password secara rutin

3.Mengunduh aplikasi yang terpercaya

4.Mengaktifkan notifikasi untuk memantau adanya transaksi

Narasumber ketiga yaitu Khusmul Prasetyo yang sekaligus Key Opinion Leader dalam acara ini menjelaskan materi tentang “Kecakapan Digital”

Apa sih komunitas akademik itu?

“Sebuah komunitas yang terdiri dari siswa yang ingin membantu dan memberi manfaat bagi sesama. Tujuannya untuk memberi dukungan kepada satu sama lain,” pungkasnya

Terakhir, narasumber Gusti Fredy Abdillah yang meyampaikan materi tentang “Belajar Digital dengan Mudah, Aman, dan Murah”

“Perubahan pola hidup masyarakat Indonesia di masa pandemi covid-19 yang cenderung lebih banyak mengandalkan internet ternyata turut berimbas pada kenaikan jumlah upaya serangan secara digital,” tuturnya

“Tips aman bermedia digital, lakukan logout setelah login, lindungi perangkat, lindungi identitas pribadi, hati-hati terhadap penipuan digital, hati-hati terhadap jejak digital, perhatian keamanan anak,” pungkasnya. (lala)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.