Warga Pandulangan Meriahkan Kemerdekaan Dengan Badandang

TAPIN, KORANBANJAR.NET – Meriahnya HUT Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia, juga dirasakan oleh warga Desa Pandulangan, Kecamatan Tapin Tengah, Kabupaten Tapin.

Mereka Menggelar acara Badandang yang berarti layang-layang berukuran besar, dan Badandang ini juga salah satu adat dan budaya suku banjar yang unik. Badandang biasa digelar usai panen padi dengan bentuk syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas hasil panen yang diperoleh para petani.

Acara yang diselenggarakan oleh keluarga dari Hasan, Kepala Desa Pandulangan, yang bertepatan dengan sebuah acara pernikahan salah satu keluarga kepala desa tersebut, sekaligus memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan.

Puluhan layang-layang besar dalam berbagai bentuk motif, beterbangan di langit, dengan disertai bunyi suara unik dari layang-layang Badandang.

Menariknya, kegiatan ini juga didukung dan dihadiri oleh Agus, Anggota DPRD Kabupaten Tapin, beserta Karang Taruna Tukung Jaya Desa Pandulangan.

“Acara berlangsung dari sekitar pukul 14.00 WITA sampai selesai, kami sangat berterimakasih atas dukungan saudara Agus selaku anggota DPRD Kabupaten Tapin. Kami juga berterima kasih kepada warga Desa Pandulangan, yang turut berpartisipasi dalam melaksanakan acara Badandang yang mana acara tersebut memperingati HUT RI ke 73, sekaligus memeriahkan pernikahan salah satu dari keluarga kami,” Ujar Hasan, Kepala Desa Pandulangan kepada koranbanjar.net, Sabtu (18/08).(ahm/ana)

Read Previous

RADIKAL, BERBAHAYAKAH?

Read Next

Menikah Di Usia Dini, Ibadah atau Masalah?

Tinggalkan Balasan