oleh

Warga Palam Manfaatkan Purun Untuk Meningkatkan Pendapatan

BANJARBARU, koranbanjat.net – Manfaatkan Dana DAU (Dana Alokasi Umum), Kelurahan Palam mengadakan pelatihan mengayam purun untuk warga Kelurahan Palam, Senin (19/8/2019).

Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani menyampaikan, bahwa purun merupakan jenis tumbuhan rumput yang biasanya hidup liar di sekitar rawa.

Di Kota Banjarbaru, purun sangat mudah didapatkan, terutama di daerah bekas galian PT Galuh Cempaka yang berada di wilayah Kelurahan Palam dan sekitarnya.

Tanpa diolah, purun hanya akan terlihat sama seperti rumput lainnya. Seandainya dikumpulkan dan dijual harganya di pasaran akan relatif murah dan dulunya purun hanya dijual ke daerah lain namun sekarang sudah mulai mengolahnya.

“Sangat mengapresiasi kepada kelompok swadaya masyarakat, kita Kelurahan Palam atas inisiatifnya melaksanakan pelatihan ini. Melalui kegiatan pelatihan ini diharapakan dapat lebih meningkatkan pemberdayaan masyarakat di Kelurahan Palam,” ujarnya.

Dengan tambahan keterampilan ini semoga akan berpengaruh pada peningkatan produktivitas dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Semoga dengan pelatihan ini juga dapat meningkatkan kualitas kerajinan purun di Kota banjarbaru sehingga nilai ekonomis purun yang diproduksi dapat semakin tinggi. Karena itu kepada seluruh peserta, ikutilah pelatihan ini dengan seksama. Saya juga berharap agar masyarakat dapat menjadi mandiri serta dapat membuka peluang usaha dan lapangan pekerjaan,” ungkapnya.

Lurah Palam Katimin menyampaikan ucapan terimakasih kepada Ketua TP PKK Kota Banjarbaru yang berkenan hadir untuk membuka kegiatan Pelatihan Mengayam Purun di Kelurahan Palam Kecamatan Cempaka Banjarbaru.

“Dimana pelatihan ini menggunakan dana DAU yang ada di Kelurahan Palam. Semoga dengan pelatihan ini dapat meningkatkan pendapatan ekonomi warga yang ada di Kelurahan Palam,” sebutnya. (maf/dya)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: