oleh

Warga Desa Haur Gading Dilatih Sadar PHBS

BARABAI, KORANBANJAR.NET – Tidak semua masyarakat Indonesia sadar akan pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Hal ini terbukti dengan banyaknya perilaku kurang sehat terhadap lingkungan seperti buang air besar dan buang sampah sembarangan.

Perilaku kurang sehat tersebut berdampak pada timbulnya penyakit. Seperti diare, Thypus, Hepatitis A, Cholera dan penyakit lainnya.

Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan salah satu program pemerintah untuk mengatasi masalah sanitasi (kebersihan).

Dikatakan Tenaga Promosi Kesehatan Puskesmas Ilung, Arie Anhar, di Desa Haur Gading Kecamatan Batang Alai Utara Kabupaten Hulu Sungai Tengah, dilaksanakan program dengan bertujuan untuk merubah perilaku hygiene (kebersihan) dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan.

“Keluarga diharapkan dapat menerapkan STBM dengan baik agar hygiene diri dan sanitasi lingkungan pada tingkat keluarga bisa optimal,” ujarnya kepada koranbanjar.net, Kamis (06/09).

Arie Anhar mengatakan, kegiatan pemicuan STBM di Desa Haur Gading ini adalah bertujuan untuk mengedukasi masyarakat desa akan pentingnya menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

“Ada beberapa pilar STMB yang kita sosialisasikan, adalah Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS), Cuci Tangan Pakai Sabun (STPS), pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga, pengelolaan sampah rumah tangga dan pengelolaan limbah cair rumah tangga,” jelasnya.(ami/ana)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: