Baznas

Walikota Banjarbaru akan Sertifikasi Duren asal Cempaka

- Tak Berkategori
  • Bagikan

KIRAM – Untuk melestarikan atau memperkenalkan varietas buah duren se Kalimantan Selatan, Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor telah menggelar kontes duren di Desa Kiram, Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar.

Kontes buah duren ini diikuti peserta dari berbagai pelosok se Kalimantan Selatan, termasuk buah duren dari Desa Cempaka Kota Banjarbaru. Perwakilan Kota Banjarbaru telah mengikutkan 6 varietas durian unggul dari Desa Cempaka, Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru.

Dari 6 duren yang diikutkan dalam kontes, 3 di antaranya adalah Durian Garuda, Duren Si Semut dan Duren Musangking asli dari Banjarbaru. Untuk itu Walikota Banjarbaru, Drs H Nadjmi Adhani menegaskan bahwa Banjarbaru memiliki duren lokal yang tidak kalah legitnya.

“Jadi hari ini kita menampilkan 6 vareitas duren lokal asli Banjarbaru, jadi duren tersebut ditanam di Banjarbaru dan kita kerahkan PPL untuk menemukan duren yang nyaman yang layak ikut kontes,” ucapnya Senin (05/02) tadi.

Dia menjelaskan, Kota Banjarbaru memiliki penghasil buah duren unggul dari Desa Sungai Tiung dan Sungai Abit di Kecamatan Cempaka.

“Rata-rata di Kecamatan Cempaka banyak duren, dan juga nanti akan kita sertifikasi duren-duren unggul, dan mudahan nanti bisa kita budidayakan dan kembangkan lagi,” ungkapnya.

Tidak hanya duren yang ditampilkan, Banjarbaru juga menampilkan rambutan Manalagi dan rambutan Rapiah. “Selain duren, buah rambutan kita juga menonjol, ada 3 varietas yang kita bawa,” tutupnya.(maf)

  • Bagikan