Kota Banjarbaru

Wali Kota Jamin Relokasi Pasar Tak Menambah Jumlah Pedagang

BANJARBARU, KORANBANJAR.NET – Wali Kota Banjarbaru, Nadjmi Adhani, secara gamblang menyatakan berani menjamin bahwa Pasar Bauntung yang direlokasi ke kawasan stadion mini di Jalan RO Ulin, Loktabat Selatan, tak akan terjadi penambahan pedagang karena para pedagang akan dibuatkan kontrak dan perjanjian.

Hal tersebut dinyatakan Nadjmi Adhani dalam sosialisasi lanjutan rencana relokasi Pasar Bauntung, di gedung Bina Satria, Banjarbaru, Kamis (20/12/2018).

“Setelah kita membuka pendaftaran bagi pedagang yang bersedia direlokasi, para pedagang yang mendaftar memang berdasarkan kemauannya sendiri. Kami tidak ada sama sekali menekan atau memaksa,” kata Nadjmi Adhani.

Ia menyebutkan, batas waktu pendaftaran para pedagang dibuka sampai Rabu 26 Desember nanti dan tidak akan ada perpanjangan waktu pendaftaran.

Sedangkan para pedagang yang telah mendaftar secara resmi, menurut Nadjmi, sudah hampir semuanya. Saat ini pedagang yang mendaftarkan diri telah berjumlah 573 orang.

“Alhamdulillah tadi bisa dilihat sendiri responnya yang tidak sekuat penolakkan seperti pertama kali sosialisasi, karena memang pada saat sosialisasi kemarin belum semuanya mendapatkan penjelasan secara detail. Kita akan terus melanjutkan sosialisasi ini. Secara perencanaan, memang ini yang terbaik,” ujarnya.

Semetara Kepala Dinas Perdagangan Banjarbaru, Abdul Basid menyampaikan, setelah pendaftaran para pedagang, di tahap selanjutnya pihaknya akan memastikan para pendaftar memang benar para pedagang.

“Untuk masalah dokumen yang hilang, bermasalah dan lain-lain, yang penting daftar saja dulu. Nanti ada verifikasi. Yang pasti tahapannya daftar, yang kedua baru memastikan bahwa yang mendaftar memang benar pedagang” tegas Abdul Basid.

Pantauan langsung koranbanjar.net, para pedagang yang berhadir dalam sosialisasi kali ini mau menyetujui relokasi Pasar Bauntung tetapi dengan beberapa permintaan. Terutamanya mereka meminta kepada Wali Kota Banjarbaru agar biaya yang harus dikeluarkan ketika nanti sudah direlokasi tidak terlalu mahal.

Selain Wali Kota Banjarbaru dan Kepala Dinas Perdagangan, sosialisasi rencana relokasi Pasar Bauntung kali ini juga dihadiri oleh Wakil Wali Kota Banjarbaru, Ketua DPRD Banjarbaru, Kasilog Kodim 1006/MTP, Kejaksaan Negeri Banjarbaru, dan para pedagang Pasar Bauntung maupun Pasar Subuh Banjarbaru. (mj-029/dny)

Tags

Tinggalkan Balasan

Close