Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan Kunjungi Kai Aji

Wabup Hulu Sungai Selatan Syamsuri Arsyad (kanan) bersama Kai Aji (kiri), Kamis (28/4/2022). (Sumber Foto: Kominfo Hulu Sungai Selatan/koranbanjar.net)

Dengan jadwal agenda begitu padat, Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad, S. AP, MA meluangkan waktunya untuk berkunjung dan bersilaturahmi ketempat orang tua lanjut usia (lansia) bernama Aji G usia 80 tahun ini sering dipanggil dengan sebutan Kai Aji, yang mana beliau sebagai lansia asuh Wakil Bupati HSS, Kamis (28/4/2022).

HULUSUNGAISELATAN, koranbanjar.net – Adapun Asuh Lansia ini merupakan program Pemerintah Kabupaten HSS sebagai bentuk kepedulian, perhatian dan kasih sayang kepada para lanjut usia khususnya mereka yang hidup sendiri dan jauh dari keluarga sehingga mendapat perhatian di masa tuanya.

Kai Aji tinggal di rumah sederhananya di Desa Pahampangan Kecamatan Padang Batung, rumah dia merupakan hasil Program Rumah Sejahtera (PRS) dan beberapa bantuan dari Pemkab HSS lainnya.

Yakni, dia juga mendapatkan biaya kehidupan sehari-hari sebesar Rp 225.000 per bulan dari program Jadup Lansia dan pula menerima bantuan RASTRADA (Beras Sejahtera Daerah), satu karung beras yang beratnya 10 kg per bulan yang merupakan program Pemkab HSS.

Pada kesempatan ini, Wakil Bupati HSS bersama Camat Padang Batung Heri Utomo, S.STP, M.Si menaiki kendaraan roda dua menuju rumah Kai Aji, kurang lebih 10 menit dari jalan aspal.

Sesampainya di kediaman Kai Aji, Wakil Bupati HSS langsung mengajak ngobrol Kai Aji yang saat itu sedang duduk santai di teras rumahnya dengan perasaan sangat bahagia melihat kehadiran Wakil Bupati.

Wakil Bupati HSS menanyakan keadaan dan kesehatan serta bertanya ibadah Kai Aji dalam melakukan puasa ramadan,

Alhamdulillah Kai Aji belum pernah tidak puasa sampai hari ke 25 Ramadhan.

Disuasana bahagia tersebut, Wakil Bupati HSS juga menyerahkan bingkisan dan beberapa keperluan sehari-hari Kai Aji seperti untuk makan dan mandi dan keperluan menjelang hari lebaran.

Dalam wawancaranya, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, S.AP, MA mengatakan hari ini seluruh pejabat Pemerintah Daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan dijadwalkan yang memiliki orang tua asuh agar berkunjung dalam rangka Bulan Suci Ramadan dan menjelang Lebaran.

“Alhamdulillah kami pun berkesempatan hari ini tadi, setelah adanya berbagai kegiatan kami menyempatkan ke rumah Kai Aji yakni orang tua asuh kami,” ungkap Wabup.

Kai Aji kelihatan sangat sehat dan di tengah kesendirian dapat beraktivitas sehari-hari, ada beberapa aktivitas seperti kegiatan menyadap pohon getah di depan rumah dan di belakang rumah ada kebun sedikit.

“Kami juga merasa sangat senang karena rumah beliau selalu bersih dan rapi. Kai Aji ini suka bersih-bersih dan hari ini kita bawakan keperluan sehari-hari dan juga untuk menjelang lebaran serta ini mudah-mudahan dengan berbagi ini kita bersama-sama semua bergembira di hari lebaran,” kata Wabup.

Dikatakan mudah-mudahan apa yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah dengan semua jajarannya, ini menjadi kebaikan bagi kita semua sebagai wujud pelaksanaan visi dan misi kita untuk mewujudkan Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang Sejahtera Dunia dan Akhirat.

“Untuk perhatian kita kepada para lansia orang tua asuh ini juga mudah-mudahan membawa kebaikan bagi kita semua,” tambahnya.

Tadi juga minta didoakan kepada Kai Aji mudah-mudahan diberikan kekuatan lahir dan batin di dalam melaksanakan sisa-sisa pengabdian kami, dan juga selalu disehatkan badan.

“Tentu program ini mudah-mudahan terus berlanjut karena ini adalah sesuatu yang pantas untuk kita lakukan bersama,” kata Wabup saat mengakhiri wawancaranya.

Turut mendampingi Wakil Bupati HSS, yaitu Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Jauhartati, S. Pd, M. Pd, Samping Desa serta Aparat Desa Pahampangan. (kominfohulusungaiselatan/dya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *