Lifestyle

Wah.. Kampung Pejabat Pernah Dikunjungi Wisatawan Mancanegara Loh

BANJARBARU, koranbanjar.net – Wisata Kampung Pejabat (Pengolah Jamu Loktabat) mungkin tidak asing lagi di telinga masyarakat Banjarbaru. Berada di pusat kota menjadikan kampung ini sebagai salah satu destinasi wisata pilihan bagi masyarakat. Tidak hanya sebagai tempat bersantai bersama teman maupun keluarga, ditempat ini para pengunjung juga dapat menikmati indahnya pemandangan sembari menikmati sajian jamu kesehatan yang disediakan para penjual jamu disini.

Warna-warni cat dan mural yang melekat pada dinding ikut menambah keasrian dan keindahan tempat ini. Tidak hanya itu, deretan tanaman jamu yang ditanam dalam pot menambah khas kampung pejabat yang berlokasi di Gang Baru RT 06 RW 02, Loktabat Selatan, Banjarbaru, ini.

BACA JUGA  Agar bisa Lulus CPNS, Para Calon Peserta Tes CPNS Lakukan ini

Destinasi wisata dengan jamu sebagai ikon nya ini bukanlah tanpa sebab. Dari penuturan Ketua RT 06, Tarmuji (60) saat ditemuai wartawan koranbanjar.net, Jumat(16/03) lalu menjelaskan awal mula terbentuknya kampung pejabat ini. Sejak tahun 1979, sebagian warga disini sudah berjualan jamu di daerah asalnya sebelum bermukim di Banjarbaru.

“Hal tersebut menginspirasi saya untuk menjadikan jamu sebagai ikon di kampung ini. Ide ini kemudian kami kembangkan bersama masyarakat dan diusulkan ke pemerintah daerah. Setelah disetujui maka terbangunlah kampung pejabat seperti sekarang ini,” tuturnya.

Beliau menuturkan sejak pertama dibangun, lokasi ini tidak pernah sepi oleh pengunjung, terlebih ketika memasuki akhir pekan.

Tidak tanggung-tanggung, bukan hanya wisatawan lokal saja yang sering berkunjung, namun wisatawan mancanegara juga pernah berkunjung ke tempat ini.

BACA JUGA  Wisata Air di HST Masih Menjadi Destinasi Favorit

“Pengunjung tidak cuma berasal dari daerah sini saja, bahkan dari Yaman, Turki ada juga dari Jepang kemaren sempet kesini,” ungkapnya.

Dengan semakin dikenalnya tempat ini beliau mengharapkan kepada para pengunjung untuk bersama-sama menjaga kemanan dan keasrian tempat ini. Tarmuji mengungkapkan selama ini pengawasan dilakukan oleh dirinya sendiri.

“Belum ada tim keamanan, jadi saya sendiri yang mengawasi. Selama ini aman-aman saja, meski aman, saya mengharapkan kepada pengunjung untuk sama-sama menjaga keamanan ditempat ini agar kelestarian wisata ini bisa terus terjaga,” tambahnya.

Diakhir wawancara, beliau mengungkapkan ada beberapa rencana yang akan dilaksanakan untuk pengembangan tempat ini.

“Rencana kedepan akan dibangun atap di sepanjang jalan, biar tambah serasi. Nanti dananya dari swadaya masyarakat dan semoga dibantu Pemerintah,” tutupnya.(mj-01/ana/kie)

BACA JUGA  TERNYATA, RUMAH BANJAR MENYIMPAN KULAPAI BERUMUR 2 ABAD

Radio STAR FM
The Spirit of Banjarbaru. Hanya di 90.5 FM

Info Bisnis Kalimantan
Berita seputar bisnis dan ekonomi di Kalimantan terkini.

TandaPetik.Com - Media Komunitas
Gabung sekarang juga. Tuliskan ide, opini dan pengalamanmu.

IKLAN BARIS ONLINE MURAH
Hub. 081348024288 | 0821159171296
KORANBANJAR.NET

Baca Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close