Kab Batola

Wabup Harapkan Pembangunan Pasar di Marabahan Rampung pada Akhir 2018

MARABAHAN, KORANBANJAR.NET – Wakil Bupati (Wabup) Barito Kuala (Batola), Rahmadian Noor, melakukan peninjauan pembangunan pada Pasar Baru Marabahan dan Pasar Wangkang yang berada di Kota Marabahan, Senin (10/9) pagi kemarin.

Peninjauan yang dilakukan Rahmadian Noor bersama Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Batola, Purkan itu, untuk melihat dari dekat sejauh mana kemajuan pembangunan yang tengah berjalan, mengingat saat ini sudah memasuki pertengahan minggu ketiga bulan September 2018.

Wabup berharap, pekerjaan pembangunan kedua pasar itu akan rampung pada akhir tahun 2018, agar para pedagang bisa menempati lokasi baru pada awal tahun 2019 mendatang.

Sementara itu, secara terpisah, Kepala Diskoperindag Kabupaten Batola, Purkan, optimis pembangunan Pasar Wangkang yang diperuntukan kepada para pedagang ikan itu dapat terselesaikan pada akhir November 2018 nanti.

Sedangkan terhadap pembangunan Pasar Baru Marabahan atau dalam SK Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI bernama Pasar Marabahan Timur itu, diperkirakannya akan selesai pada awal Desember 2019 mendatang.

Pembangunan Pasar Marabahan Timur yang dananya berasal dari tugas pembantuan Kemendag sebesar Rp 5,6 miliar itu, memiliki kapasitas 198 kios dan 35 toko. Sedangkan pembangunan Pasar Wangkang yang dananya berasal dari APBD Batola sebesar Rp 4,2 miliar, diperuntukan kepada para pedagang ikan dengan jumlah los mencapai seratus buah.

Purkan memperkirakan, jumlah los yang terbangun di Pasar Wangkang nantinya akan mampu mengakomodir seluruh pedagang ikan yang ada, sehingga tidak ada lagi yang berjualan di luar los, pinggir jalan, maupun di lokasi lainnya.

Selain pembangunan Pasar Marabahan Timur dan Pasar Wangkang, Purkan mengatakan, saat ini pihaknya juga tengah mengajukan usulan renovasi bilik Pasar Wangkang lainnya ke pihak Kemendag dengan nilai Rp 6 miliar.

“Kita berharap pihak Kemendag dapat menyetujui usulan itu agar kita bisa kembali melakukan renovasi terhadap bilik Pasar Wangkang lainnya,” katanya. (dny)

Tags

Tinggalkan Balasan

Close