Banjar  

Wabup Banjar Ungkap Potensi Inovasi Daerah Untuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Inovasi Daerah di Aurora Ballroom Hotel Aeris, Banjarbaru, Kamis (20/6/2024) pagi. (Sumber Foto: Kominfo Kabupaten Banjar/koranbanjar.net)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar memiliki banyak potensi dan produk unggulan berbagai inovasi, baik dari tata kelola pemerintahan, pelayanan publik dan inovasi lainnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

BANJAR,koranbanjar.net – Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati Banjar Said Idrus Al-Habsyi saat membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Inovasi Daerah di Aurora Ballroom Hotel Aeris, Banjarbaru, Kamis (20/6/2024) pagi.

Bimtek pengutaan inovasi daerah dengan tema Peningkatan Kualitas Inovasi Daerah dari Aspek Pemenuhan Data Dukung dan Penerapannya.

Dikatakan Said Idrus, pada kompetisi Innovation Government Award (IGA) yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tahun 2023 Pemkab Banjar memperoleh skor 57,64 dengan kategori Kabupaten Inovatif.

 

“Untuk ajang IGA, Pemkab Banjar masih perlu banyak belajar dan menggali informasi untuk mendukung keberlangsungan inovasi di daerah,” katanya.

Dirinya berharap melalui bimtek ini para inovator dapat memahami pentingnya inovasi dan melengkapi data dukung inovasi guna meningkatkan indeks inovasi daerah tahun 2024.

Kepala Bappedalitbang Kabupaten Banjar Nashrullah Shadiq menjelaskan, peserta bimtek dari SKPD, UPTD Puskesmas dan para inovator.

Sementara, narasumber dari Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kemendagri Aldo Harjunanto dan Badan Riset Inovasi Provinsi Kalimantan Selatan.

 

“Melalui bimtek ini para inovator di SKPD masing-masing memunculkan ide-ide baru dalam berinovasi, sehingga dengan adanya inovasi tersebut pelaksanaan program kegiatan SKPD bisa lebih efektif dan efisien,” harapnya.

Bimtek ini sendiri lanjutnya, dalam rangka penyiapan data dukung untuk inovasi yang diupload di Kemendagri dengan bimbingan dari BSKDN sehingga diharapkan dapat meningkatkan skor Kabupaten Banjar menjadi sangat inovatif.

“Inovasi yang telah didaftarkan sebanyak 49 inovasi namun masih perlu memotivasi SKPD dan para inovator untuk melahirkan inovasi-inovasi baru” pungkasnya. (dya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *