Kalsel  

Ups! Gubernur Sahbirin Bertabur Penghargaan Nasional di November 2022

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor atau Paman Birin menorehkan banyak penghargaan nasional 2022. (Sumber Foto: Adpim Setdaprov Kalsel/Koranbanjar.net)
Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor atau Paman Birin menorehkan banyak penghargaan nasional 2022. (Sumber Foto: Adpim Setdaprov Kalsel/Koranbanjar.net)

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor atau Paman Birin menorehkan banyak penghargaan nasional untuk Provinsi Kalsel selama bulan November 2022 ini.

BANJARMASIN, koranbanjar.net Penghargaan nasional ini pun diberikan oleh sejumlah kementerian atas kesuksesan Paman Birin dalam berbagai bidang.

Atas berbagai penghargaan itu, Paman Birin menyampaikan terimakasih atas apresiasi pemerintah pusat atas usaha Pemprov Kalsel dalam menyejahteraan rakyat banua.

“Kami terimakasih atas apresiasi yang diberikan pemerintah pusat dan ini menjadi semangat semua stakeholder. Pun begitu, esensinya adalah upaya kita dalam usaha melayani dan menyejahterakan rakyat Kalimantan Selatan,” ujar Paman Birin.

Berbagai penghargaan nasional itu diawali dengan penghargaan dari Menteri Kesehatan Budi G. Sadikin atas keberhasilan Paman Birin menjadikan Provinsi Kalsel dengan persentase jumlah sekolah terbanyak yang mengikuto Gerakan Nasional Aksi Bergizi dalam upaya pencegahan stunting.

Penghargaan tertanggal 8 Nopember 2022 itu pun menjadi semangat Paman Birin untuk terus menekan dan bahkan menjadikan Kalsel bebas stunting.

Penghargaan selanjutnya adalah apresiasi dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia atau upaya Paman Birin dalam memacu pertumbuhan kreativitas dan inovasi kekayaan intelektual dalam rangla pemulihan ekonomi nasional.

Sesuai jadwal, rencananya penghargaan ini akan diberikan Kemenkumham kepada Paman Birin bersama 11 gubernur lainnya se-Indonesia pada kegiatan Roving Seminar Kekayaan Intelektual pada 21-22 November 2022 di Birawa Assembly Hall Bidakara Hotel Jakarta.

Pada hari yang sama 21 Nopember 2022, Paman Birin juga akan menerima penghargaan dari Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia sebagai Pembina ketenagakerjaan pada perusahaan yang peduli disabilitas.

Penghargaan nasional ini diberikan kepada Gubernur Paman Birin atas penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak pekerjaan penyandang disabilitas Tahun 2022 .

Penyerahaan penghargaan itu akan diberikan dalam rangkaian acara pemberian penghargaan nasional kepada perusahaan dan BUMN yang memperkerjakan tenaga kerja penyandang disabilitas tahun 2022 di Hotel Aston Jakarta.

Selanjutnya, Paman Birin akan menerima penghargaan dan piala Bumandhala Award 2022 dari Badan Informasi Geospasial (BIG).

Pada Bumandhala Award 2022 ini, Paman Birin akan menerima 2 piala dan penghargaan. Yakni Bhumandala Kanaka (Medali Emas) untuk kategori Provinsi bersama Provinsi DKI Jakarta dan Provinsi Jawa Barat, serta Bhumandala Kencana (Geoportal Terbaik) untuk kategori Provinsi.

Rencananya penghargaan ini akan diserahkan kepada Paman Birin pada Bumandhala Award pada Jumat (25/11/2022) pekan depan.

Disampaikan Kepala BIG Muh Aris Marfa’i, keberhasilan Paman Birin ini karena Provinsi Kalimantan Selatan telah mengimplementasikan seluruh elemen infrastruktur informasi Geospasial dengan baik dan juga telah melakukan pemanfaatan data dan informasi spasial yang dimiliki dalam proses perencanaan pembangunan.

“Rencana strategis yang dimiliki pun sudah jelas terdefinisikan yaitu GeoAl sebagai instrumen pembangunan berkelanjutan di tahun 2026 ,” ungkap Aris.

Peran pembinaan Informasi Geopasial yang dilakukan provinsi kepada kota/kabupaten di wilayahnya telah dilakukan dengan baik. Dengan mengadopsi Bhumandala Award, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan membentuk ajang penghargaan Banua Award yang bertujuan mendorong pemerintah kota/kabupaten untuk dapat berperan serta dalam penyelenggaraan infrastruktur IG.

Semangat yang ditunjukan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan ini sangat baik dicontoh oleh provinsi lain, karena tidak hanya berbenah untuk diri sendiri, Provinsi Kalirnantan Selatan juga mengajak kota/kabupaten di wilayahnya untuk berpartisipasi dalam pembangunan dan pemanfaatan data dan informasi geospasial.

Bagi Kalsel ini adalah adalah penghargaan kali ketiga berturut-turut sejak tahun 2020.

Sebab, 2020 meraih penghargaan Bhumadala dengan medali perunggu dan tahun 2021 meraih penghargaan Inovasi terbaik “Sistem Informasi Pertanian Beririgasi (SITARI)” yang dikembangkan oleh Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan. Berikutnya, 2021 itu Pemprov Kalsel mendapat Piala Kategori Emas. (adpim setdaprov kalsel/dya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *