oleh

Untuk Pembinaan Nelayan, TNI AL bentuk Babinpotmar 

KOTABARU, koranbanjar.net- Untuk memperingati Hari Armada Republik Indonesia yang jatuh pada 5 Desember mendatang, TNI AL Kotabaru tidak hanya menggelar perlombaan, namun juga mengajak masyarakat untuk Gemar Makan Ikan Sejak Dini.

Rangkaian Hari Armada RI tahun ini digagas Danlanal Kotabaru Letkol Laut (P) Guruh Dwi Yudhanto, dengan mengarahkan pada sektor kelautan dari peran TNI AL melalui bidang Pembinaan Potensi Maritim (Binpotmar) yang memiliki peran penting terhadap pembinaan masyarakat maritim yang di dalamnya ada fungsi pembinaan nelayan.

“Makna dan tujuan acara ini untuk menyatukan fungsi dan peran TNI Angkatan Laut dalam pembinaan masyarakat maritim guna mensukseskan program pemerintah RI di Hari Ikan Nasional dan Gerakan Revolusi Biru yang bertujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mendukung ketahanan pangan dan gizi Nasional, terutama melalui sektor maritim, ” jelas Danlanal Kotabaru Guruh Dwi Yhudhanto

Lanjutnya, tahun ini TNI angkatan laut sudah membentuk para Bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar) yang tersebar di seluruh Nusantara. Babinpotmar ini sejajar dengan Babinsa dan Babinkamtibmas yang berkedudukan di tiap-tiap Pos TNI Angkatan Laut (Pospal).

“Dengan ini juga, salah satunya program kerja yang memberikan penyuluhan tentang pemanfaatan sumber daya laut khususnya penangkapan ikan dengan tidak merusak ekosistem laut lainnya, ” paparnya

Dalam kegiatan ini, kelompok nelayan INSAN dan Organisasi Pedagang Ikan dan Nelayan (OPIN) turut mendukung suksesnya acara yang digagas oleh Lanal Kotabaru tersebut. Dan siap ikut serta mensukseskan program pemerintah untuk gemar makan ikan.

“Banyak nilai positif terutama faktor edukatif yang diajarkan oleh kelompok nelayan seperti memanfaatkan ikan secara benar, sehingga anak-anak kita gemar mengkonsumsi ikan, ” pungkasnya.(cah/maf)

Komentar

Jangan Lewatkan