Umrah Masih Sepi Dampak Kebijakan COVID-19 di Saudi

  • Bagikan
Tempat paling suci bagi umat Islam, Ka'bah di kota Mekkah pada akhir bulan Ramadan lalu (foto: dok).
Tempat paling suci bagi umat Islam, Ka'bah di kota Mekkah pada akhir bulan Ramadan lalu (foto: dok).

Ibadah umrah di Masjidil Haram di Kota Makkah Saudi Arabia sekarang masih sepi jamaah. Tempat paling suci bagi umat Islam tersebut masih belum ramai dikunjungi jamaah.

KORANBANJAR – Jumlah jamaah yang melakukan umrah pada Minggu (30/5/2021) masih rendah dibanding tahun-tahun biasanya, karena berbagai langkah berjaga-jaga terkait pandemi virus corona.

Pihak berwenang Arab Saudi hanya mengizinkan individu yang telah divaksinasi atau baru pulih dari virus corona yang boleh melakukan salat di Ka’bah.

Awal bulan ini pemerintah Arab Saudi mengumumkan akan mengizinkan jamaah dari luar negeri untuk berhaji, tetapi dengan langkah-langkah keselamatan yang ketat.

Tahun lalu hanya 1.000 jamaah yang diizinkan menunaikan ibadah haji, yang pertama dalam sejarah modern karena perebakan pandemi virus corona. Biasanya dalam satu tahun diperkirakan ada tiga juta jamaah yang berhaji.

Dalam 14 bulan terakhir, sebagian besar warga Arab Saudi telah dilarang melakukan perjalanan ke luar negeri karena khawatir perjalanan internasional akan memicu wabah virus lain di negara itu.

Menurut Kementerian Kesehatan Arab Saudi, sejak pandemi merebak pada Maret 2020, ada lebih dari 4.482.846 kasus, termasuk lebih dari 7.334 orang meninggal dunia.(voa)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *