oleh

ULM Miliki Taman Anggrek, Mahasiswa Diminta Turut Menjaga

BANJARMASIN, koranbanjar.net – Ketua Persatuan Anggrek Indonesia (PAI) Kalsel Aida Muslimah mengingatkan kepada ribuan mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat (ULM) untuk menjaga dan membudidayakan anggrek di taman kampus.

“Bukan hanya action sementara, tetapi terus berkelanjutan. Jangan sampai anggrek yang kita tanam ini tidak terpelihara dengan baik,” ujar Aida dalam Aksi Bakti Lingkungan Civitas Akademika Universitas Lambung Mangkurat dengan tema Barasih dan Apik (Bersih, Asri, Hijau, dan tanpa Sampah plastik), Kamis (22/8/2019).

Dikatakan, sejak 2010 penanaman anggrek sudah dilakukan di sekitar kampus, dan tahun ini mulai dikembangkan kembali dengan mengambil lokasi taman kampus ULM Banjarmasin.

“Gerakan ini mengajak semua elemen masyarakat untuk bisa merawat sekaligus mencintai anggrek,” harapnya.

Dikatakan, untuk jenis anggrek yang ditanam di taman kampus ULM Banjarmasin ada 15 jenis anggrek.

Di antaranya anggrek alam seperti simbodium, arides, dan dendrobium yang merupakan anggrek persilangan. Total anggrek yang ditanam pada hari ini sebanyak 100 lebih spesies anggrek.

Dari beberapa jenis anggrek itu, perawatan anggrek spesies dan denrum lebih mudah.

“Yang susah itu seperti anggrek kataleo, apalagi kalau di musim panas seperti sekarang ini, perlu perawatan ekstra,”ungkapnya.

Lebih jauh ia memaparkan, gerakan cinta anggrek indonesia merupakan program pusat. Di provinsi sudah beberapa kali melaksanakan gerakan tersebut dengan menanam anggrek di jalan-jalan protokol Banjarmasin.

Sayangnya, banyak anggrek itu yang kemudian hilang yang kemungkinan diambil oleh orang yang tak bertanggung jawab.

“Makanya, sekarang ditingkatkan kerjasama dengan kampus, kantor-kantor, dan sekolah, dengan harapan mereka bisa bersama-sama menjaga dan merawat anggrek agar bisa hidup dan tidak hilang,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Rektor ULM Banjarmasin H M Fauzi mengatakan, untuk taman kampus di ULM, nantinya akan dikembangkan menjadi taman yang lebih bagus lagi.

“Tahun ini perbaikan taman kampus ULM Banjarmasin akan dimulai secara bertahap dengan membangun gazebo, air mancur, memperbanyak tanaman pohon, dan akan melakukan pemasangan CCTV di sekitaran taman kampus,”tandasnya.

Diharapkan, setelah adanya taman kampus, para mahasiswa nantinya dapat memanfaatkan lokasi ini sebagai sarana pembelajaran untuk berdiskusi di luar jam perkuliahan atau sekadar bersantai.(ags)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: