Tugas Bakeuda Kalsel Mempersiapkan Rp210 M Dana Pilkada

Kepala Badan Keuangan Daerah Kalimantan Selatan Aminullah Latif.

BANJARMASIN,KORANBANJAR.NET – Dana Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 yang direkomendasikan Pemerintah Provinsi melalui Kesbangpol sebesar Rp210 miliar, ditindaklanjuti Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Provinsi Kalimantan Selatan untuk mempersiapkan anggarannya.

Hal ini dinyatakan Kepala Bakeuda Provinsi Kalimantan Selatan, Aminullah Latif. Ia mengatakan dana Pilkada Kalsel sebesar Rp210 miliar tersebut akan diupayakan jika setelah ada rekomendasi dari Pemerintah Provinsi Kalsel melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kalimantan Selatan.

Sekdaprov Kalsel Abdul Haris Makkie.

 

“Bakeuda akan mencarikan dananya dan siap menganggarkan,” ujarnya ketika dikonfirmasi beberapa hari tadi di Banjarmasin.

Menurutnya, dana ini dimasukkan dalam anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) yang wajib dipenuhi.

“Menurut kita ini anggaran belanja wajib dipenuhi dan harus menjadi prioritas. Jadi, tidak jadi masalah,” katanya.

Lanjut Amin, anggaran untuk dana Pilkada Kalsel 2020 sudah disiapkan satu tahun sebelumnya.

“Ini bukan dimasukkan dalam anggaran perubahan, tetapi murni dianggarkan pada tahun 2019, dikeluarkan di tahun 2020,” terangnya.

Ditempat terpisah, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Abdul Haris Makkie mengatakan tidak meragukan apa yang disampaikan Bekeuda Kalsel.

“Kalau kita sudah membuat rencana itu, artinya kita mampu, kita sanggup menghitung-hitung biaya pada anggaran tersebut. Saya yakin teman-teman di Bakeuda tentu sudah menghitung potensi darimana sumber dana untuk anggaran Pemilu Kepala Daerah tahun 2020 mendatang, ini hanya persoalan teknis,” terang Ketua PWNU Kalsel ini, usai menghadiri rapat paripurna di gedung DPRD Kalsel, Senin (17/06/2019).

Haris berharap untuk pelaksanaan Pilkada tahun 2020 nantinya dapat berjalan dengan baik, lancar dan sukses.(al)

BeritaTerkait