Trik Agar Dilirik HRD, Cocok untuk Fresh Graduate yang Ingin Melamar Pekerjaan

Ilustrasi melamar kerja. (Sumber foto: freepik)

Bagi kamu yang baru saja lulus alias fresh graduate, mencari pekerjaan di tengah pandemi seperti ini tentu bukanlah hal yang mudah. Terlebih, rata-rata perusahaan kerap mencari tenaga kerja yang berpengalaman.

Meski begitu, kamu tidak perlu putus asa. Ada sejumlah tips yang bisa kamu lakukan agar CV-mu dilirik oleh HRD. Menurut Head of HR, GA, and Sustainability, Kimberly-Clark Softex, M. Zaenal Abidin, kamu bisa mencantumkan sejumlah pengalaman organisasi selama di kampus.

“Selain pengalaman organisasi, juga bisa ditulis prestasi di CV, baik dari lintas kampus, nasional, maupun internasional. Dan itu akan jadi pertimbangan,” ungkapnya pada acara JobStreet Virtual Career Fair, Senin (7/6/2021).

Perlu kamu tahu bahwa pertimbangan sebuah perusahaan dalam mencari kandidat tidak hanya melihat pengalaman saja. Melainkan apakah seseorang bisa diajak kerja sama dalam satu tim dan memiliki komunikasi yang baik.

“Hal ini dapat dipertimbangkan. Jadi bagi yang belum punya pengalaman kerja, cukup aktif di organisasi kampus maupun komunitas di luar. Bisa sebagai volunteer maupun sosial,” katanya.

Zaenal menambahkan bahwa pengalaman kerja bukanlah faktor utama, namun yang paling penting adalah seseorang punya prestasi, pernah aktif di kampus, dan juga punya kemampuan atau skill.

Ia pun berpesan kepada para mahasiswa yang belum lulus, selain belajar, juga perlu meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang dapat meningkatkan kualitas diri, seperti skill dan prestasi.

“Bagi mahasiswa yang belum lulus, manfaatkan waktu luang kalian dan jangan banyak main game. Tapi seimbangkan dengan kegiatan yang bisa memberi nilai tambah di CV saat melamar kerja nanti,” pungkasnya. (suara.com/ykw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *