Nasional

Tragis! Seekor Harimau Sumatera Langka Ditemukan Mati Akibat Pemburu

NASIONAL, KORANBANJAR.NET – Malang sekali, seekor harimau Sumatera ditemukan tewas oleh petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) setempat daerah Riau di dekat sebuah jurang di kawasan hutan Desa Muara Lembu, Pekanbaru, Riau. Tragisnya, binatang yang sudah terancam punah ini, yang kemudian diketahui berjenis kelamin betina, mati dalam kondisi perut terlilit tali tambang.

Seperti dirangkum dari VOA Indonesia (afiliasi koranbanjar.net) berdasarkan laporan dari kantor berita Perancis (AFP), matinya seekor hewan pemilik kulit beharga jual tinggi ini diduga karena terkena perangkap pemburu, Rabu (26/09).

Informasi tewasnya seekor harimau yang merupakan hewan dilindungi ini awalnya didapat dari laporan masyarakat Desa Muara Lembu ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam setempat yang sebelumnya sempat melihat harimau tersebut terjebak perangkap babi hutan yang dibuat pemburu di Desa Muara Lembu.

BACA JUGA  Kesultanan Banjar Ikuti Internasional Gamelan Festival di Solo

Mendapat laporan tersebut, para petugas balai konservasi pun segera menuju lokasi, namun hewan yang dilaporkan sudah menghilang.

Keesokan harinya, para petugas kembali melakukan pencarian hingga akhirnya menemukan seekor harimau sudah mati di dekat sebuah jurang dengan seutas tali tambang melilit perutnya.

Diduga para petugas, tali itu yang menyebabkan si mamalia itu mati.

Kepala Balai Besar KSDA Riau, Suharyono, sangat menyesalkan kematian si kucing besar itu. Terlebih, harimau yang mati berjenis kelamin betina dewasa yang diharapkan nantinya akan melahirkan bayi-bayi harimau.

Menurut International Union for Conservation of Nature, Harimau Sumatera yang diambang ancaman kepunahan itu, saat ini hanya berjumlah tak lebih dari 400 ekor di alam liar Indonesia. Itupun kehidupannya terus bergesekan dengan manusia karena habitat alami mereka terus hilang akibat pembalakan hutan. (voa/dny)

BACA JUGA  Hasil Ijtima Ulama II Pastikan Dukung Prabowo-Sandiaga
Tags

Radio STAR FM
The Spirit of Banjarbaru. Hanya di 90.5 FM

Info Bisnis Kalimantan
Berita seputar bisnis dan ekonomi di Kalimantan terkini.

TandaPetik.Com - Media Komunitas
Gabung sekarang juga. Tuliskan ide, opini dan pengalamanmu.

IKLAN BARIS ONLINE MURAH
Hub. 081348024288 | 0821159171296
KORANBANJAR.NET

Baca Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close