Baznas

TP PKK Kotabaru Panen Jahe

  • Bagikan

KOTABARU – Serangkaian dengan program PKK Kotabaru Pokja III, PKK Kabupaten Kotabaru telah melaksanakan panen jahe emprit di kebun PKK Kabupaten Kotabaru, Desa Sigam Kecamatan Pulau Laut Utara, Kamis (25/01) tadi.

Dalam program Pokja III yang diketuai Rasyidah ini dihadiri Ketua TP PKK Kabupaten Kotabaru Hj. Fatma Idiana Sayed Jafar, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan Kabupaten Kotabaru H. Budi Antara, dan semua pengurus TP PKK Kabupaten Kotabaru.

Dengan adanya panen ini PKK memberikan contoh kepada masyarakat, bahwa jahe selain bermanfaat untuk keperluan rumah tangga, juga dapat menambah penghasilan keluarga jika dikelola dengan baik.

Tanaman dengan nama latin zingiber officinale ini tidak harus ditanam di lahan yang luas, tetapi juga dapat ditanam di lahan sempit dan bahkan dapat hidup di dalam pot.

Selanjutnya di kebun PKK ini, akan digarap dan ditanami dengan berbagai tanaman lain, seperti terong, cabe, dan pare. “Kita lihatlah nanti apa yang cocok,” kata Hj. Fatma.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan Kabupaten Kotabaru H. Budi Antara mengatakan, tanaman jahe emprit dari proses tanam hingga panen memerlukan waktu sekitar 12 bulan. Akar dan rimpang jahe memiliki banyak khasiat, salah satunya banyak digunakan untuk pengobatan.

Cara pemanfaatan jahe sudah tidak asing lagi di masyarakat kita, mulai dari ditumbuk, dijadikan minuman penghangat tubuh, hingga dioleskan untuk penyembuhan.(dam)

  • Bagikan