TP PKK Bersama Dinkes Kotabaru Gelar Penilaian Lomba Posyandu Tingkat Provinsi Kalsel

Sekretaris Daerah Kabupaten Kotabaru H Said Akhmad menyampaiakan sambutan pada kegiatan penilaian lomba Posyandu tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, berlangsung di Posyandu Melati Desa Batuah, Kecamatan Pulau Laut Sigam, Kabupaten Kotabaru, Rabu (8/5/2024). (Foto: Kominfo Kotabaru/Koranbanjar.net)
Sekretaris Daerah Kabupaten Kotabaru H Said Akhmad menyampaiakan sambutan pada kegiatan penilaian lomba Posyandu tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, berlangsung di Posyandu Melati Desa Batuah, Kecamatan Pulau Laut Sigam, Kabupaten Kotabaru, Rabu (8/5/2024). (Foto: Kominfo Kotabaru/Koranbanjar.net)

Tim Penggerak PKK bersama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kotabaru menggelar penilaian lomba Posyandu tingkat Provinsi Kalimantan Selatan dan lomba kader berprestasi, yang berlangsung di Posyandu Melati Desa Batuah, Kecamatan Pulau Laut Sigam, Kabupaten Kotabaru, Rabu (8/5/2024).

KOTABARU, koranbanjar.net Kegiatan penilaian ini dihadiri Sekretaris Daerah Kabuapaten Kotabaru, SKPD yang tergabung dalam tim Pokjanal Posyandu Kotabaru, Anggota DPRD Kotabaru, perwakilan CSR, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Provinsi Kalsel, Tim Penggerak PKK Provinsi Kalsel, Tim Pokjanal Posyandu Provinsi kalsel dan Tim Pokjanal Posyandu Kecamatan Pulau Laut Sigam dan Desa Batuah.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kotabaru H Said Akhmad mengatakan peran Pokjanal Posyandu sangat penting untuk memfasilitasi pelaksanaan bebagai kegiatan kesehatan masyarakat di Posyandu.

“Salah satunya adalah melalui lomba Posyandu, kader berprestasi dan desa ber PHBS. Dari kegiatan lomba ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi, pengetahuan dan keterampilan para kader Posyandu di seluruh wilayah kerja Kabupaten Kotabaru,” ucapnya.

Lomba ini rutin dilaksanakan setiap tahun dan selalu diikuti oleh seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Kotabaru. Penilaian melalui beberapa tahapan yaitu, penilaian administrasi, presentasi 22 Kecamatan melalui zoom meeting dan verifikasi lapangan untuk 6 besar Kecamatan yang terpilih.

“Dari kegiatan ini juga diharapkan Posyandu dapat berinovasi untuk mampu menarik minat masyarakat dalam pemanfaatan fasilitas kesehatan, khususnya Posyandu yang dimiliki Kabupaten Kotabaru, yakni sebanyak 294 Posyandu yang tersebar di 202 Desa,” ujarnya.

Ditambahkan Sekda H Said Akhmad, pelayanan kesehatan Posyandu di Kabupaten Kotabaru menerapkan integrasi layanan primer, yaitu pelayanan untuk seluruh siklus hidup dari bayi, balita, remaja, ibu hamil dan menyusui, hingga usia produktif dan lansia.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Provinsi Kalsel Nurul Adhani menuturkan Posyandu mempunyai peran sebagai ujung tombak penggerak pelayanan kesehatan masyarakat dan melalui Posyandu dapat mengatasi permasalahan kesehatan di Desa.

Menurutnya, lomba ini sangat bagus digelar untuk meningkatkan pengetahuan para kader Posyandu secara terpadu, serta mengevaluasi pelaksanaan perkembangan Posyandu.

“Dengan tujuan untuk mengetahui hasil capaian kinerja Posyandu dan kompetensi kader, serta memberikan masukan saran bagi penyelenggaraan Posyandu dan kinerja kader,” katanya. (bay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *