BanjarTechno

Tips Sederhana Menghindari “Kecanduan” Smartphone

BANJAR TECHNO, KORANBANJAR.NET – Di zaman serba canggih seperti sekarang ini, bisa dikatakan hampir setiap orang khususnya para pengguna smartphone, menghabiskan lebih banyak waktu dengan smartphonenya.

Bahkan, saking “kecanduan” akan smarthphone, hampir setiap menit penggunanya memeriksa smartphone, meski tidak memunculkan notifikasi atau pemberitahuan.

Sebagai efek buruknya, tentu ini bisa menjadi penyebab meningkatnya kecemasan seseorang. Selain itu, kebiasaan terus-menerus memeriksa pemberitahunan di smartphone juga bisa mengganggu kemampuan fokus seseorang.

Nah, bagi anda pengguna smartphone, koranbanjar.net telah mencatat lima tips agar anda terhindar dari “kecanduan” memeriksa smartphone.

Sejumlah tips ini dirangkum dari beberapa diskusi dengan para orang tua yang kerap mewaspadai penggunaan smartphone terhadap anak-anaknya. Simak tipsnya di bawah ini.

  1. Matikan Push Notifikasi yang Tidak Perlu

Cara sederhana agar tidak terlalu sering memeriksa smartphone ialah mematikan notifikasi yang kamu anggap tidak penting dari aplikasi media sosial maupun aplikasi pesan lainnya. Caranya, cukup buka pengaturan dan pemberitahuan di aplikasinya pada smartphone kamu, kemudian kelola notifikasi yang menurut kamu harus muncul dan tidak muncul, atau bisa jua dengan menonaktifkan semua notifikasinya.

  1. Atur Waktu Memeriksa Smartphone

Memanfaatkan alarm untuk mengatur waktu memeriksa smartphone juga merupakan cara cerdas agar terhindar dari kecanduan smartphone.

Kamu bisa mengatur waktu mulai dengan 15 menit sekali, kemudian 30 menit, 45 menit, hingga tiap satu jam sekali. Saat alarm berbunyi, maka saat itulah waktu kamu memeriksa smarphone.

Tips ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang konsisten terhadap pengaturan waktu yang kamu atur sendiri. Jangan lupa, tetap batasi waktu anda dalam melihat notifikasi dan setel ulang alarm.

  1. Singkirkan Aplikasi Pengalih Perhatian di Layar Utama

Kecenderungan sering menggunakan smartphone umumnya disebabkan karena banyak aplikasi yang menarik perhatian. Misalnya, awalnya hanya ingin memeriksa cuaca, tapi kemudian memeriksa pesan teks, lalu tanpa sadar beralih ke Facebook, Instagram dan lain lain.

Untuk mensiasiatinya, letakkan aplikasi yang dianggap penting pada layar utama di bagian layar depan atau tengah smartphone anda, kemudian simpan aplikasi apapun yang ingin anda batasi penggunaannya di dalam folder pada halaman layar berikutnya.

  1. Gunakan Browser Smartphone Sebagai Pengganti Aplikasi

Anda bisa menghapus aplikasi tertentu seperti Facebook, Twitter, ataupun yang lainnya, agar anda tidak terlalu fokus dengan aplikasi-aplikasi tersebut.

Sebagai gantinya, anda tentu bisa menggunakan browser yang selalu tersedia pada setiap smartphone

  1. Jauhkan Smartphone dari Tempat Tidur

Agar anda terhindar dari “kecanduan” smartphone, maka jangan biarkan penggunaan smartphone menjadi aktivitas terakhir yang anda lakukan sebelum tidur dan aktivitas pertama yang anda lihat setelah bangun tidur.

Di saat waktunya tidur, lebih baik letakkan smartphone jauh dari jangkauan agar tidak tergoda memulai aktivitas pertama dengan melihat dan memeriksa smartphone saat bangun tidur.

Anda juga bisa memanfaatkan waktu untuk mengisi ulang baterai smartphone dengan kondisi mati total di saat anda tidur.

Jika memang diperkirakan tidak ada pesan penting di saat anda tidur, matikan nada dering atau suara notifikasi smartphone anda, lalu tidrulah dengan nyaman.

Cara sederhana ini cukup ampuh untuk menghindarkan kamu dari ketergantungan smartphone. (dny)

 

Tags

Tinggalkan Balasan

Close