Tingkatkan Kompetensi, Personil Damkar Banjar Didiklat

oleh -162 views
Tingkatkan Kompetensi, Personil Damkar Banjar Didiklat
Diklat Damkar 1 yang digelar Satpol PP dan Damkar Kalsel di halaman Asrama Haji, Landasan Ulin, Banjarbaru. (foto: istimewa)

MARTAPURA, koranbanjar.net – Untuk meningkatkan kompetensi personil unit pemadam kebakaran (Damkar), UPT. Damkar Kabupaten Banjar mengirim 9 personilnya mengikuti Diklat Damkar 1 se-Kalimantan Selatan, yang digelar Satpol PP dan Damkar Provinsi Kalsel.

Kegiatan ini digelar 4 hari sejak 27 November kemarin. Pembukaan digelar di Novotel, Landasan Ulin, Banjarbaru. Kemudian dilanjutkan diklat di Asrama Haji. Sedangkan hari ini, Rabu, praktik lapang Fire Ground dan Repling di kawasan Gedung Setda Provinsi Kalsel.

Baca Juga: Mengharukan, Kucing Ibu Ini 3 Hari Terjebak Dalam Sumur 12 Meter

Kabid Linmas dan Damkar Provinsi Kalsel H. Maulana Fatahillah mengatakan, penyelenggaraan in house training kualifikasi pemadam I, merupakan program kerja Satpol PP dan Damkar Kalsel tahun 2019.

Ia menjelaskan, hal ini sebagai implementasi dari visi misi Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, untuk menjadikan SDM Damkar yang maju dan terdepan.

Tingkatkan Kompetensi, Personil Damkar Banjar Didiklat
Materi RJP untuk peserta Diklat Damkar 1 di kawasan perkantoran Setdaprov Kalsel, Rabu (30/10/2019) (foto: istimewa)

“Gubernur mengharapkan dengan pelatihan ini, anggota damkar mengetahui teknik-teknik dalam pemadaman maupun penyelamatan, profesional, dan dapat mengurangi resiko dari bahaya saat melaksanakan pemadaman dan penyelamatan,” jelas Maulana.

Ia menambahkan, in house training dilaksanakan mengacu juknis dari Kemendagri yakni dilaksanakan dengan waktu 45 JP yaitu pada 28-29 okt 2019.

Kasat Pol PP Kabupaten Banjar HM Ali Hanafiah mengungkapkan, dirinya berharap dengan mengirimkan anggota Damkar Banjar pada Diklat Damkar 1 ini, dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berbasis pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, dan kesejahteraan sosial.

“Harapan itu sangat sejalan dengan salah satu misi Bupati Banjar KH Khalilurrahman,” tuturnya.

Sementara Kepala UPT. Damkar Banjar Gusti Yudhi menerangkan, selain mengirim personil untuk dilatih, pihaknya juga turut dilibatkan oleh Panlak untuk membantu back-up 1 unit fire truck dan peralatanya untuk keperluan latihan lapangan.

“Saya berharap tahun depan Satpol PP dan Damkar Provinsi Kalsel kembali melaksanakan diklat sejenis dan juga diklat damkar dengan jenjangan lebih tinggi, seperti diklat damkar tingkat 2,” tandas Kepala UPT Damkar Banjar. (dra)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan