oleh

Tingkatkan Keamanan, Satpol PP Kalsel Gelar Lomba Poskamling

MARTAPURA, koranbanjar.net – Satpol PP dan Damkar Provinsi Kalsel kembali menggelar lomba Poskamling se-Kalimantan Selatan. Lomba ini merupakan gagasan Gubernur Kalse H Sahbirin Noor sejak 2018. Rencananya hasil diumumkan saat puncak HUT Provinsi Kalsel ke-69.

Jajaran Satpol PPP Kalsel dan tim penilai mendatangi Poskamling Jl. Batas Kota Komplek Graha Permai RT, Kelurahan Sungai Paring, Kecamatan Martapura Kota, Rabu (24/7/2019), untuk menilai Poskamling tersebut.

“Ini merupakan gagasan Gubernur Kalsel melalui Satpol PP Kalsel, untuk mengaktifkan kembali Poskamling dan memotivasi masyarakat untuk menjaga lingkungannya masing-masing, maka beliau (Gubernur Kalsel) mengadakan lomba Poskamling bertepatan Hari Jadi Provinsi Kalsel,” tutur Maulana, Kabid Linmas Satpol PP dan Damkar Kalsel, kepada koranbanjar.net saat ditemui di Komplek Graha Permai.

Poskamling yang diikutsertakan, lanjut Maulana, tiap Kabupaten/Kota mengirimkan dua perwakilan Poskamling masing-masing dari kelurahan dan desa. Kecuali Kota Banjarmasin dan Banjarbaru yang hanya mengirimkan satu perwakilan, yakni Poskamling kelurahan.

“Kalimantan Selatan kan ada 11 kabupaten dan 2 kota, berarti ada 24 Poskamling yang diikutsertakan dalam lomba,” kata Maulana.

Untuk tim penilai terdiri dari Satpol PP Kalsel, Dinas PMD dan Kesbangpol. Maulana menjelaskan, kreteria penilaian dari keaktifan warga, kelengkapan Poskamlingnya itu sendiri serta bagaimana pembinaan dari Babinkamtibmas, Babinsa, Satgas Linmas dari Saptop PP.

“Dari semua factor itu lah di nilai. Kalau tahun kemarin yang juara satu Poskamling kelurahan adalah dari Kabupaten Tanah Bumbu dan untuk desa Kabupaten Tanah Laut,” ucap Maulana.

Sementara Kasat Binmas Polres Banjar Hj Amalia Afifi mengatakan, pihak Polres Banjar terus berupaya mengaktifkan Poskamling di Kabupaten Banjar, melalui Bhabinkamtibmas.

“Poskamling di bawah binaan Satuan Binaan Masyarakat (Sat Binmas) yang langsung ditangani Bhabinkamtibmas. Jadi saya sebagai fungsi pembina memberikan petunjuk arahan kepada Bhabin untuk mengaktifkan, karena memang kami setiap tahun selalu diadakan lomba Poskamling dalam rangka Hari Bhayakngkara pada 1 Juli, dan yang juara diikursertakan pada lomba se-Kalsel,” tutur Hj Amalia.

Ia menambahkan, untuk mendirikan Poskamling yang bisa diikutsertakan dalam lomba harus memenuhi fasilitas seperti tempat beristirahat, kamar mandi, tempat pertemuan, dan perlengkapan penanganan kebakaran.

Lurah Sungai Paring Zainal Arifin mengatakan, dirinya senang Poskamling di kelurahannya ikut lomba se-Kalsel tahun ini. Diakuinya, tidak semua Poskamling dapat aktif maksimal, namun ia mengaku terus mengupayakan agar Poskamling aktif.

“Setelah saya menjadi lurah, Alhamdulillah mulai lagi aktif Poskamling. Jadi saya sangat mendukung Poskamling ini diikutkan pada lomba Poskamling se-Kalsel,” tutup Lurah Sungai Paring. (dra)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: